Ketika CB150R Cucuk-Cucukan Dengan New V-Ixion, GSX-S150 Malah Jadi Penonton Saja!

Jpeg

Persaingan penjualan (wholesales) sport naked 150 cc di bulan Agustus 2017 cukup ketat, khususnya antara Honda CB150R dan Yamaha V-Ixion. Sedangkan Suzuki GSX-S150 sangat jauh tertinggal di belakang. Konsumen sepertinya masih menaruh kepercayaan lebih kepada dua ‘pemain lama’ di kelas ini. Padahal GSX-S150 punya performa di atas kertas tertinggi di antara para rivalnya, tapi itulah selera konsumen tanah air.

Jika melihat data penjualan di bulan Agustus ini, terlihat CB150R kembali mengungguli V-Ixion. CB150R mampu terjual sebanyak 13.673 unit berbanding 12.618 unit milik V-Ixion, sedangkan GSX-S150 hanya 165 unit saja.
Di antara ketiga naked sport tersebut, hanya CB150R yang menunjukkan performa positif. Dibanding buln Juli, penjualan CB150R mengalami peningkatan sekitar 2 ribuan unit, sedangkan V-Ixion anjlok hingg 8 ribuan unit dan GSX-S150 turun 200-an unit. Di jalanan pun saat ini CB150R begitu sering dijumpai. Honda nampaknya sukses dengan desain CB150R generasi kedua ini. Ke depan, mereka hanya tinggal memainkan grafis dan warna saja untuk menjaga mood konsumen seperti yang telah mereka lakukan dengan edisi spesial, stallion black hingga beberapa rekan blogger Jatimotoblog meminangnya*.


Yang menyedihkan adalah penjualan GSX-S150. Di awal penjualan bulan Maret kemarin sempat mencapai angka 3 ribuan unit, namun terus menurun menjadi seribuan di bulan berikutnya dan hingga kini bahkan hanya di bawah 500 unit/bulannya. Ada apa? Bicara performa, GSX-S150 sama persis dengan versi fairingnya, GSX-R150 dan itu tertinggi di kelasnya, namun tetap saja kelebihan itu belum mampu membuat konsumen jatuh hati. Bicara built quality, konon kabarnya Suzuki terbaik dibanding Honda dan Yamaha, tapi kembali itu hanya sebatas kebanggaan di mulut saja, urusan beli beda lagi. Apakah karena desain yang rada gimana gitu? Terutama bagian headlamp serta desain secara keseluruhan yang sangat-sangat sporty untuk ergonomi. Ingat, motor di kelas ini kebanyakan sebagai motor harian, buat gaya iya, buat kerja iya, buat nge-gebet cewek iya, tidak hanya buat kencang-kencangan saja.

Suzuki harus mulai memikirkan untuk melakukan facelift nih, maybe!

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. CBR150R Kembali Kalahkan R15 VVA, GSX-R150 Di Belakang! | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*