Kalender MotoGP 2018 Dirilis, Thailand Masuk, Total 19 Seri!

Kalender MotoGP 2018 Dirilis, Thailand Masuk, Total 19 Seri! Dorna telah merilis kalender sementara MotoGP untuk musim 2018. Thailand dengan Sirkuit Chang di Buriram dipastikan masuk dalam daftar sehingga musim 2018 nanti Valentino Rossi dkk akan membalap sebanyak 19 seri.

Thailand menjadi tuan rumah seri ke-15 dan menjadi pembuka seri Asia. Seri Thailand akan digelar pada 5-7 Oktober. Setelah istirahat sepekan, kemudian dilangsungkan 3 seri beruntun di Jepang, Australia dan Malaysia dalam kurun waktu 3 minggu.

MotoGP Inggris akan digelar akhir Agustus, namun untuk lokasi penyelenggaraan masih belum bisa dikonfirmasi kepastiannya. Sebenarnya seri Inggris ini merupakan jatah Sirkuit of Wales, namun karena bermasalah dalam pendanaan, akhirnya dalam dua musim terakhir Silverstone menjadi sirkuit cadangan. Tahun 2018 masih belum dipastikan apakah Silverstone atau Donington Park yang akan menjadi tuan rumah.

Musim 2018 masih sama dengan musim sebelumnya yakni dibuka di Losail, Qatar dalam sebuah balapan malam. Yang berbeda adalah waktu penyelenggaraannya yang lebih maju sepekan dibanding musim ini yakni 18 Maret. Seri penutup juga masih di Ricardo Tomo-Valencia pada 18 November atau mundur sepekan dari musim 2017.

Perubahan lainnya adalah masa liburan tengah musim yang biasanya 4 minggu menjadi hanya 2 pekan saja. Dan, di musim 2019 nanti Finlandia akan bergabung menggenapi musim sebanyak 20 seri. 

Indonesia kemana? Bikin sirkuit dulu lah, gak usah ngomong banyak-banyak dulu!

Advertisements