Royal Enfield Siap Caplok Ducati, Deadline Akhir Bulan!

Pic. bikerscafe.com

Kali ini Eichers Motor sebuah perusahaan otomotif asal India yang punya keinginan untuk mengambil alih pabrikan motor ikonik dari Italia, Ducati. Sejumlah dana besar sudah disiapkan oleh pabrikan induk dari Royal Enfield itu.

Dana sekitar US$2 miliar atau sekitar 25,9 triliun Rupiah disiapkan oleh Managing Director Eicher Siddhartha Lal untuk proses akuisisi tersebut.

Deadline penjualan Ducati adalah akhir bulan ini. Sementara Eichers menjadi satu-satunya pabrikan Asia yang tersisa untuk pelelangan Ducati. Ini juga berarti rumor sebelumnya soal ketertarikan perusahaan India lainnya, Hero Corp terpatahkan.

“Eicher, satu-satunya pabrikan Asia yang tersisa dalam pelelangan Ducati, saat ini sedang menyelesaikan pembiayaan dan penataan persyaratan dengan bank global dan perusahaan konsultan menjelang deadline, akhir bulan ini,” demikian dikutip dari Indiatimes.com, Senin (13/9/2017)

Pic. carslogo.com

Jika Eichers sukses mencaplok Ducati, maka ini adalah prestasi kedua pabrikan India itu setelah sebelumnya juga berhasil mengambil alih kepemilikan Royal Enfield. Menarik melihat dua brand ikonik itu dalam satu atap.

Royal Enfield akan mengisi segmen motor 350-500cc sedangkan Ducati akan bermain di atasnya, 800-1200cc. Kelasnya berbeda dan saling melengkapi.

Ducati memang sering dikaitkan dengan perusahaan lain seiring pengumuman akan dilepasnya pabrikan yang identik dengan warna merah itu seharga 1,5 miliar poundsterling. Kondisi tersebut tidak lepas dari Volkswagen Grup sebagai induk Ducati yang terkena skandal pemalsuan laporan emisi gas buang yang terungkap 2015 silam. Beberapa nama perusahaan pernah dikaitkan dengan Ducati, sebut saja Hero Corps India, Polaris hingga Suzuki dan Honda, namun hingga deadline akhir bulan ini baru Archiers yang terlihat serius.

Advertisements