R15 VVA Tidak Juga Mampu Kalahkan CBR150R, Gara-Gara Harga?

Jika di naked sport 150 All New Vixion tidak berdaya menghadapi New CB150R, kejadian serupa juga terjadi di versi fairingnya. All New R15 VVA juga tidak mampu melawan All New CBR150R. Namun, walau sama-sama kalah, alasan kekalahan kedua motor besutan Yamaha itu memiliki perbedaan.

Banyak yang berpendapat All New Vixion kalah dari New CB150R lebih karena faktor desain motor. New CB150R memiliki desain ‘Yamaha Banget’ yang keren, futuristik dan berani. Seperti yang biasa Yamaha lakukan sebelum periode ini. Sedangkan, desainer Yamaha jaman now nampaknya seperti kehabisan ide gemilang lagi soal desain motor, ini terlihat dari All New Vixion yang tampak wagu. Dari depan masih okelah, dari samping mulai aneh dan puncaknya di bagian buritan, spatbor sporty justru menjadi titik lemah karena tidak didukung desain bodi belakang yang maaih mirip Vixion generasi sebelumnya. Terkesan mirip NVA modif. Jadi kayak desainer Honda di era CB150R edisi pertama saja. Niru, tapi jelek.

Nah, untuk motorsport 150cc full fairing secara desain All New R15 VVA menurut RA paling ganteng di antara dua pesaingnya, All New CBR150R dan GSX-R150. Moge look, seperti yang banyak diinginkan konsumen segmen ini. Sudah desain oke, performa di atas kertas terbaik, plus fitur-fitur ya g ditawarkan juga paling komplit dibanding dua rivalnya itu. Lalu, kenapa masih belum bisa mengalahkan All New CBR150R?

Analisa RA adalah di soal harga. Dengan banderol 34,5 juta Rupiah OTR Jakarta, maka R15 VVA menjadi sport fairing termahal di kelasnya. Yamaha boleh berasumsi harga tersebut sebanding dengan apa yang didapat dari R15 VVA. Tapi, dengan perbandingan harga dengan CBR150R di kisaran 32 jutaan apalagi dengan GSX-R150 yang lebih gokil hanya 29 jutaan, maka R15 VVA terlihat mahal. Belum lagi ketika sampai di daerah harga itu makin membengkak mendekati harga motor bekas 250cc. Kasus ‘mending-mendingan’ bisa menjadi penghambat lain R15 VVA dibeli konsumen.

Alhasil, marketshare R15 VVA tidak lagi bisa mengalahkan CBR150R sejak periode distribusi awal usai. Dikutip dari viva.co.id (10/11/2017) di bulan Oktober kemarin, penjualan (wholesales) R15 VVA ‘hanya’ mencapai 5.530 unit. Sedangkan All New CBR150R yang terjual sebanyak 6.053 unit.

Sayang sebenarnya jika R15 VVA ini tidak booming hanya karena salah strategi harga. Sebab, semua yang dibutuhkan penyuka sport fairing 150cc ada di motor ini.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*