Vinales, Zarco dan Marquez Tercepat di Hari Pertama!

Motor Yamaha menjadi yang tercepat pada test pramusim pertama MotoGP 2018 hari pertama di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia 2017. Sang juara bertahan tepat di belakang dua pembalap Yamaha untuk menempati posisi ketiga.

Dimulai dengan cuaca yang cerah, Maverick Vinales menutup hari pertama test pramusim Valencia sebagai yang tercepat di akhir-akhir sesi unggul 0,2 detik dari pembalap Tech 3, Johann Zarco. Yamaha menggunakan 4 kombinasi sasis untuk tes hari pertama ini, sedangkan Zarco menjadi pembalap dengan Yamaha M1 2017 tercepat.

Yang menarik dicermati adalah penggunaan aerofairing baru di M1 Vinales maupun Valentino Rossi yang berada di posisi keempat. Vinales lebih dulu menggunakan fairing baru, kemudian disusul Rossi. Vinales menjadi pembalal Yamaha terbanyak melahap lap-demi lap Valencia yakni 80 lap, Rossi 63 dan Zarco 53.

Rossi walau menempati posisi keempat harus mengalami kejadian crash hebat di 30 menit pertama sesi dimulai. Motornya menabrak dinding pembatas dengan kencang sehingga rusak parah. Beruntung, Rossi tidak mengalami cedera.

Sementara itu, Marc Marquez menghabiskan 70 lap untuk tampil sepersepuluh detik lebih lambat dari Zarco dan menempati posisi ketiga. Marquez memulai sesi dengan menggunakan RC213V tahun 2017 baru kemudian mencoba yang serba baru dari versi 2018, sasis baru, mesin baru hingga knalpot baru RC213V 2018.

Dari deretan rookie, pembalap Jepang Takaaki Nakagami dari LCR Honda Idemitsu menjadi rookie tercepat di posisi 17 usai melahap 76 lap dengan Honda RC213V. Diikuti Franco Morbidelli yang dua lap lebih banyak dari Nakagami di posisi 18. Takumi Takahashi yang menggantikan Thomas Luthi yang masih dalam masa pemulihan cedera ada di posisi 19 dengan 55 lap dan posisi terakhir Xavier Simeon dari Reale Avintia Ducati yang melahap 43 lap.

Takaaki Nakagami

Ada tiga pembalap yang absen selain Thomas Luthi yakni Alvaro Bautista yabg harus cek up ke rumah sakit usai alami highside di awal sesi. Dua Suzuki, Alex Rins dan Andrea Iannone, juga tidak mengikuti tes usai kena virus yang menyerang saluran pencernaan.

Hari ini test hari kedua akan dilanjutkan pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 17.00 wib.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*