Rekap Tes Jerez 2017: Dovizioso Cetak Best Laptime, Pembalap Superbike Ternyata Bisa Kalahkan Pembalap MotoGP!

Jonathan Rea Sanggup Kalahkan Pembalap MotoGP

Tes bersama antara pembalap MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Jerez telah berakhir Junat (24/11/2017) kemarin. Tes yang berlangsung selama 3 hari tersebut ditutup dengan manis oleh juara dunia WSBK Jonathan Rea dengan Kawasaki ZX-10RR-nya. Ya, Rea menjadi yang tercepat di hari terakhir mengalahkan pembalap-pembalap WSBK dan MotoGP lainnya.

Best laptime Rea di hari Jumat adalah 1:37,986 mengungguli pembalap Suzuki, Andrea Iannone di tempat kedua. Iannone mencatat waktu 1:38,030. Tempat ketiga menjadi milik pembalap KTM Pol Espargaro dengan 1:38,230 disusul Alex Rins, rekan setim Iannone, dengan 1:38,307.

Andrea Iannone

Sebelumnya, di hari pertama sesi tes Rabu (22/11/2017) Iannone menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1:38,280 diikuti Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso serta Jorge Lorenzo. Di hari pertama ini pembalap WSBK tercepat adalah Tom Sykes dari Kawasaki Racing Team yang menempati posisi keenam dengan 1:38,735. Sementara itu, Rea di tempat kedelapan tepat di bawah Tito Rabat.

Hari Pertama Tes Jerez 2017: Andrea Iannone tercepat

Pada hari kedua, Kamis (23/11/2017) runner up MotoGP musim ini Dovizioso keluar sebagai pembalap tercepat. Dovi bahkan secara umum mencetak waktu terbaik sepanjang tiga hari tes Jerez ini dengan best laptime 1:37,663. Di hari kedua ini Cruthclow menjadi runner up disusul Lorenzo dan Iannone. Dua jagoan Kawasaki WSBK yakni Jonathan Rea dan Tom Sykes tidak ikut ngaspal. Pembalap WSBK tercepat di hari kedua adalah Marco Melandri di posisi 15!

Hari kedua Tes Jerez: Andrea Dovizioso cetak Best Laptime Tes
Andrea Dovizioso

Dari tiga hari tes di Jerez yang diikuti pembalap-pembalap MotoGP dan WSBK (minus pembalap Yamaha dan Repsol Honda) bisa kita lihat bahwa kecepatan motor WSBK, khususnya Kawasaki ZX-10RR sudah bisa mengimbangi motor-motor prototype MotoGP. Bahkan seorang Rea mampu membawa kuda besi tunggangan yang menghantarkannya juara dunia musim ini menjadi yang terdepan di hari terakhir mengalahkan pembalap MotoGP.

Hari terakhir Tes Jerez: Jonathan Rea Kalahkan Pembalap MotoGP

Apakah ini menandakan motor WSBK sudah setara dengan MotoGP? Susah menjawabnya. Sebab, catatan waktu di atas adalah catatan waktu terbaik selama satu lap. Sedangkan, balapan sendiri bisa berlangsung lebih dari 20 lap tiap serinya, artinya banyal faktor selain hanya kecepatan yang bisa menentukan hasil akhir. Contoh paling nyata adalah bagaimana seorang Maverick Vinales yang sangat mendominasi sesi tes pramusim 2017 silam dengan selalu menjadi yang tercepat, sempat meneruskan tren positifnya itu di seri-seri awal (2 kemenangan) namun kemudian jeblok mendekati paruh musim hingga akhir musim.

Jonathan Rea bersama Kawasaki ZX-10RR

Namun, setidaknya dengan melihat hasil tes Jerez ini kita bisa tahu bahwa motor-motor WSBK ternyata tidak kalah dengan motor-motor MotoGP dalam hal mencetak best laptime in a single lap!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*