Yamaha Panas, Siapkan Trail Untuk Hadang KLX150 dan CRF150L… WR150?

banner.jpg

Dunia gasruk tanah atau mainan lumpur saat ini semakin ramai peminatnya. Tidak heran jika akhirnya Honda (baca AHM) ikut nyemplung ke segmen trail ini dengan meluncurkan CRF150L untuk menghadapi dominasi Kawasaki KLX Series. Nah, melihat dua rivalnya sudah turun gunung, Yamaha nampaknya gatal juga buat ikutan.

Produk apa yang kira-kira akan diluncurkan oleh pabrikan garputala?

motodataprojectdotcom wr250
WR250

Sebenarnya Yamaha bukanlah pemain baru di segmen hobi ini. Mereka sudah pernah melepas WR250 dengan spesifikasi yahud. Sayang, dengan status CBU-nya berimbas pada harga jual yang selangit (90 jutaan Rupiah). Tapi, seperti pabrikan Jepang lainnya, Yamaha juga punya line up trail yang mendekati KLX 150 atau CRF150L yakni WR125X yang ngaspal di Eropa.

Sebenarnya Yamaha tidak perlu repot-repot mendevelop mesin anyar untuk trail 150cc. Seperti halnya WR125X yang menggunakan basis mesin Vixion, kenapa tidak nantinya WR150 juga menggunakan basis mesin Vixion. Kalau mau yang standar bisa Vixion standar, mau yang versi SE, ada Vixion R.

yamaha-wr125x-2009-2
WR125X

Dan ternyata, seperti yang dituturkan oleh iwanbanaran.com (21/11/2017), Yamaha diam-diam telah melakukan riset pasar untuk calon trailnya itu.

Yup, dari beberapa indikasi IWB melihat potensi dimana YIMM tidak menutup pintu terhadap segmen trail. Proses riset pasar menjadi kegiatan mereka secara diam-diam. Memang cak…belum ada ketuk palu untuk jalan. Namun proses mempelajari ini menjadi hal menggembirakan bagi para bikers khususnya fansboy Yamaha (FBY) yang mungkin mengharapkan motor trail dari garputala. Sampeyan berdoa saja agar hasil riset positif cak..

Nah kan… bakalan makin seru nih segmen lumpur ini. KLX150, CRF150L dan (mungkin) WR150 bakal memanaskan persaingan para fans boy. Belum lagi dari pabrikan non Jepang yang juga sudah nyemplung di segmen ini seperti Viar dan Gasgas yang menyasar konsumen dengan budget terbatas. Kawasaki sudah, Honda sudah, Yamaha on the way, Suzuki bagaimana?

Advertisements