Gerry Salim Siap Ciptakan Rekor di Thailand

ktm indonesia

Akhir pekan ini akan menjadi sangat menentukan bagi pembalap Indonesia di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 Asia Production (AP) 250. Ya, Gerry Salim tinggal selangkah lagi untuk menorehkan sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang juara Asia kelas AP 250.

Jelang seri keenam atau terakhir kompetisi balap ARRC AP250 di Sirkuit Chang Internasional Thailand, Gerry Salim yang sering menuliskan kata BONEK di helmnya itu telah unggul 38 poin dari rival terdekatnya pembalap Thailand Anupab Sarmon. Gerry dengan Honda CBR150RR nya hanya butuh 13 angka saja untuk mengunci gelar.

Balapan AP250 berlangsung sebanyak 6 seri dengan masing-masing 2 race tiap serinya. Dengan 50 poin tersisa yang akan diperebutkan para pembalap, Gerry hanya butuh finish minimal keempat dari salah satu race di Thailand. Tambahan 13 poin akan membuat Gerry punya keunggulan 51 angka dari lawan terdekatnya, sudah cukup untuk mencatatkan rekor pembalap Indonesia di ajang balap non bebek. Maklum, selama ini pembalap-pembalap Indonesia hanya berjaya di kelas underbone.

Kondisi ini tidak lepas dari performa gemilang Gerry sepanjang musim ini walau di akhir-akhir seri mengalami penurunan. Gerry dan CBR250RR sangat sangat mendominasi AP250 sejak seri perdana di Johor hingga di Sentul. Dari 8 balapan, Gerry menyapu 7 kemenangan. Andaikan tidak ada ‘faktor nonteknis’ di seri kedua balapan kedua di Thailand, tidak mustahil Gerry akan menyapu bersih 8 kemenangan.

Modal 7 kemenangan di 8 balapan pertama benar-benar ‘membantu’ Gerry menghadapi tren penurunan di seri kelima. Seri kelima yang dilangsungkan di Madras Sirkuit, India, Gerry hanya menambah 11 angka hasil finish kelima di balapan kedua. Balapan pertama Gerry tidak ikut serta (ada yang tahu kenapa?).

Alhasil, penentuan juara umum akan terjadi di seri terakhir di Thailand lagi. Sirkuit Chang memang mendapat jatah dua kali menjadi tuan rumah. Gerry hanya butuh finish keempat saja untuk mengunci gelar. Saingan terdekat Gerry pembalap Thailand, Anupab Sarmoon dengan Yamaha R25 dan Tomoyoshi Koyama punya jarak poin yang sangat besar di belakang (38 dan 39 angka).

Inilah saatnya Gerry Salim membawa harum nama Indonesia di kancah balap Asia dengan menjadi Garuda Pertama yang berhasil menjadi juara AP250. Rekor lain yang juga menunggu adalah Astra Honda Racing Team (AHRT) yang juga siap menorehkan rekor sebagai juara Asia pertama kali. Siap?

Advertisements