Inilah Hasil Undian Pembagian Grup Piala Dunia 2018 Rusia

Undian Piala Dunia 2018 Rusia dilakukan malam ini, Jumat (1/12/2017) di Kremlin, Rusia. Seluruh pelatih negara-negara yang lolos ke ajang sepakbola terakbar di dunia itu hadir untuk menyaksikan pengundian babak penyisihan grup. Termasuk para legenda sepakbola dunia macam Diego Maradona, Gordon Banks, Cafu, Ronaldinho hingga Samuel Eto’o. Lalu, bagaimana hasil undiannya?

Sebelum undian dilakukan, sebanyak 32 negara yang lolos ditempatkan ke dalam 4 pot berbeda sesuai peringkat dan koefisien mereka. Pot 1 adalah pot untuk negara-negara unggulan, termasuk tuan rumah Rusia. Pot 1 berisi negara dengan peringkat 1-7 FIFA. Demikian seterusnya hingga pot 4.

Nantinya, hasil undian dalam satu grup akan diisi negara-negara dalam pot 1, pot 2, pot 3 dan pot 4. Satu pot tidak akan berkumpul dalam satu grup.

Yang menarik adalah masuknya Polandia dalam pot 1 sedangkan Spanyol dan Inggris di pot 2. Padahal Polandia hanya memainkan 1 kali laga persahabatan di tahun 2017 ini. Ahli matematika akhirnya menemukan kelemahan sistem poin FIFA berkaca pada kasus Polandia tersebut. Apa itu? Next article mudah-mudahan bisa kita bahas.

Inilah hasil pengundian Babak Grup Piala Dunia 2018 Rusia:

Grup A: Rusia, Uruguay, Mesir, Arab Saudi
Grup B: Portugal, Spanyol, Iran, Maroko
Grup C: Prancis, Peru, Denmark, Australia
Grup D: Argentina, Kroasia, Islandia, Nigeria
Grup E: Brazil, Swiss, Kosta Rika, Serbia
Grup F: Jerman, Meksiko, Swedia, Korea Selatan
Grup G: Belgia, Inggris, Tunisia, Panama
Grup H: Polandia, Kolombia, Senegal, Jepang

Laga pembuka sendiri akan mempertemukan tuan rumah Rusia menghadapi wakil Asia, Arab Saudi. Pertandingan akan digelar pada 14 Juni 2018 di Stadion Luzhniki, Moscow.

https://twitter.com/FIFAWorldCup/status/936627153051045889

Advertisements