Jeblok, Suzuki Ingin Punya Tim Satelit! Baru Ingin Doang Sih…

Jeblok, Suzuki Ingin Punya Tim Satelit! Baru Ingin Doang Sih… Tidak dipungkiri, performa Suzuki di MotoGP musim ini anjlok drastis daripada musim sebelumnya. Jangankan sebuah kemenangan, seperti yang dipersembahkan Maverick Vinales, untuk sekedar masuk top 5 saja terlihat seperti mission impossible bagi duet Andrea Iannone dan Alex Rins. Sehingga Suzuki mulai punya keberanian untuk berniat menambah dua pembalap lagi di lintasan dengan motor Suzuki.

Davide Brivio dengan Andrea Iannone dan Alex Rins
Pic. flowerpower_46

Menambah dua pembalap lagi bukan berarti Suzuki akan memiliki 4 pembalap utama di tim pabrikannya, melainkan membentuk tim satelit yang akan menampung dua pembalap baru. Tim satelit itu nantinya diharapkan bisa membantu pengembangan motor Suzuki GSX-RR agar bisa mengimbangi kecepatan progress tim-tim pabrikan lain seperti Yamaha, Honda dan Ducati.

“Tahun ini kami tanpa tim satelit. Jika kami bisa punya dua pembalap lagi, Suzuki bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan mungkin juga berguna untuk pengembangan,” ujar Davide Brivio mengutip Motorsport.com, Jumat (1/12/2017).

Disebutkan bahwa itu baru keberanian berniat, iya karena hingga kini mereka belum juga punya tindakan konkret untuk mewujudkan keinginannya. Suzuki masih merasa belum mampu ‘memecah’ diri dan kemampuan menuju kesana.

“Bagi kami tentu itu akan sulit, karena kami belum pernah punya pengalaman menyediakan sepeda motor untuk tim lain. Tapi kami berharap bisa melakukannya satu hari,” tambah Brivio. Nah, baru niat bukan? Hehehehe…

Suzuki baru dua musim ini melakukan comeback ke ajang MotoGP. Di tahun 2016 lalu dengan dua pembalap, Vinales dan Aleix Espargaro, Suzuki Ecstar sukses mencuri 1 kemenangan di Silverstone melalui Vinales serta beberapa kali podium. Musim ini, pasca Vinales direkrut Yamaha, kekuatan Suzuki drop sekali. Prestasi terbaik Iannone dan Rins adalah finish ke-4 dan ke-5 di Motegi Jepang.

Tim Suzuki Ecstar MotoGP
Pic. suzukimotogp

Keinginan Suzuki memiliki tim satelit memang masuk akal dan seperti sebuah keharusan. Honda dan Yamaha mendominasi MotoGP tidak lepas dari bantuan tim satelit mereka dalam pengembangan motor musim selanjutnya. Jika Yamaha punya 1 tim satelit, Honda 2 tim, maka Ducati lebih ekstrem lagi dengan 3 tim satelit. Total ada 8 motor Ducati di setiap balapan musim kemarin dan musim ini. Hasilnya? Ducati bersaing memperebutkan gelar juara dunia lewat Andrea Dovizioso. Jeblok, Suzuki Ingin Punya Tim Satelit! Baru Ingin Doang Sih…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*