Semarang Terbaik Dalam Meningkatkan Pengguna Kendaraan Umum, Total Sabet 3 Gelar di IRSA 2017

Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017 kembali digelar. Acara penghargaan tersebut diberikan kepada kota/kabupaten di Indonesia yang mampu meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas. Ada 5 kategori penghargaan dan 4 penghargaan khusus yang diberikan. Bagaimana hasilnya?

IRSA tahun ini merupakan tahun kelima sejak pertama kali diselenggarakan oleh Adira Insurance tahun 2013 silam. Dari 120 peserta kota/kabupaten yang ikut tahun ini, dipilih 23 kota/kabupaten yang masuk nominasi. 23 finalis dipilih berdasarkan data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan dan jumlah fasilitas kecelakaan.

Penilaian IRSA mengacu pada atribut lima pilar yang terdapat dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yang terdiri dari, Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle) , Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) dan Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Cash Response) seperti dikutip dari dapurpacu.com (7/12/2017).

Simpamh Lima Semarang (pic. shutterstock)
Hasilnya, Semarang memboyong 3 kategori terbaik yakni kota dengan tingkat kependudukan rendah, kota/kabupaten terbaik dalam upaya meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum serta kota/kabupaten dengan Program Inovasi Terbaik dalam Upaya Meningkatkan Tata Kelola Keselamatan Jalan. Surabaya menyusul dengan 2 kategori terbaik dan masing-masing satu gelar oleh Tangerang, Bogor, Pekalongan dan Batang dengan di masing-masing kategori terbaik.

Hasil IRSA 2017 berdasarkan Kota/Kabupaten Berprestasi:

Semarang
1. Kategori kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah
2. Kota atau Kabupaten Terbaik pada Upaya Meningkatkan Jumlah Pengguna Angkutan Umum
3. Kota atau Kabupaten dengan Program Inovasi Terbaik dalam Upaya Meningkatkan Tata Kelola Keselamatan Jalan

Surabaya
1. Kategori kota/kabupaten Exellent City 2017
2. Kota atau Kabupaten Terbaik Pada Upaya Menurunkan Rata-Rata Angka Kecepatan Kendaraan

Bogor
• Kota atau Kabupaten Terbaik pada Upaya Meningkatkan Kualitas Sarana Pejalan Kaki yang Berkeselamatan

Tangerang
• Kategori kota dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi

Pekalongan
• Kategori kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi

Bangka
• Kategori kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk rendah

Advertisements