Yamaha XMax ‘Lebih Kencang’ Dari Motorsport 250cc!

Banner Mio S

Yamaha R25

Yamaha XMax ‘Lebih Kencang’ Dari Motorsport 250cc! Yamaha pantas tenang-tenang saja dengan performa YZF-R25 di pasar domestik. Walau hanya terjual di kisaran 100-an unit perbulan, Yamaha masih bisa panen duit dari penjualan di pasar ekspor yang laris manis. Selain itu, Yamaha juga maaih punya andalan lain di kelas motor 250cc, yaitu XMax! Ya, penjualan XMax jauh lebih besar dari R25, bahkan dari seluruh motorsport 250cc.

Yamaha XMax pertama kali mencatatkan hasil penjualan di bulan Mei lalu. Kala itu daya serap pasar terhadap maxi seperempat liter Yamaha ini masih 700-an unit. Sedangkan motorsport 250cc juga masih lumayan tinggi. Sejak saat itu penjualan XMax semakin menjadi-jadi. Sebaliknya, pangsa pasar motorsport 250 terus tergerus. Bahkan di bulan Agustus, marketshare motorsport 250 secara total turun ke angka 600-an unit padahal di bulan sebelumnya masih ada di kisaran 1.300-an unit. Alhasil, sejak Agustus itulah penjualan XMax 250 resmi melampaui total penjualan motorsport seperempat liter.

Kondisi yang terus terjadi hingga bulan November kemarin. Di bulan kesebelas tersebut XMax memang mengalami penurunan penjualan menjadi ‘hanya’ 1.400-an unit dari 1.700-an di bulan Oktober. Namun, angka itu sudah cukup untuk mengalahkan gerombolan motorsport 250. Gabungan penjualan CBR250RR, Ninja 250FI dan R25 di bulan November hanya 700-an unit! Hanya separuh dari XMax sendiri!

Yamaha XMax 250 Kuning

Data Penjualan XMax 250 tahun 2017

Apakah kondisi ini hanya sementara? Arah pergeseran selera pasar memang telah beralih jauh ke motor skutik. Faktor kenyamanan dan fungsionalitasnya yang tinggi membuat skutik menjadikan bebek atau sport tidak lagi dilirik. Apalagi skutik 250cc seperti XMax juga sudah memiliki fitur-fitur dan performa yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Harganyapun saat ini lebih murah dari motorsport sekelasnya. Tidak heran kalau Yamaha tenang-tenang saja dengan performa penjualan R25, lha wong XMax sendirian saja sudah bikin dompet mereka banjir rupiah. Belum lagi dollar dari R25/R3 ekspor.

New PCX Lokal

Pertanyaannya, kapan Honda, Kawasaki atau bahkan Suzuki mau mengikuti jejak Yamaha membuat skutik 250cc layaknya XMax? Setidaknya setahun ke depan Yamaha masih bisa tenang dengan XMax-nya. Tidak menutup kemungkinan Honda akan mengikutinya seperti halnya kala merilis PCX Lokal untuk menyaingi NMax. Yamaha XMax ‘Lebih Kencang’ Dari Motorsport 250cc!

Advertisements