Geber Yamaha R3, Tiga Pembalap Indonesia Ini Akan Tampil Penuh di World Supersport 300 Musim 2018

ktm indonesia

Prestasi pembalap-pembalap motor tanah air di ajang balap internasional pada tahun 2017 menghadirkan senyum kemenangan. Kita bisa lihat bagaimana dominannya seorang Gerry Salim di ARRC AP250 yang memenangi 7 dari 12 balapan. Hingga bisa kita saksikan prestasi fenomenal Galang Hendra yang menaklukkan salah satu sirkuit legendaris, Jerez, di ajang World SuperSport (WSSP) 300 sekaligus mentasbihkan diri sebagai pembalap Indonesia pertama yang memenangi ajang balap bagian dari rangkaian World Superbike (WSBK) 2017. Lalu, bagaimana dengan tahun 2018 nanti?

3 pembalap Indonesia di World SSP300 2018

Kita fokus ke balapan World SSP300 dimana kelas ini merupakan rangkaian dari WSBK. Jika selama ini MotoGP dan balapan sejenisnya selalu menjadi main target, namun tingkat persaingan yang sangat ketat dengan kebutuhan dana yang tidak sedikit, membuat para pembalap muda potensial anak negeri harus mencari alternatif lain. Dan yang paling realistis adalah World SSP300 karena motor yang digunakan dekat dengan keseharian di sini. Sebut saja, Yamaha R3 yang tidak lain adalah R25 dengan penambahan kubikasi untuk pasar internasional, juga ada Kawasaki Ninja 300 (musim depan menggunakan Ninja 400) yang tidak lain adalah Ninja 250 versi upgrade. Dua motor lainnya juga masih cukup familier seperti KTM RC390R dan Honda CBR500R yang juga dijual di sini.

Jadi, World SSP300 adalah jalan keluar untuk melatih skill, fisik hingga mental dalam sebuah kompetisi level dunia sekaligus bisa dijadikan batu loncatan untuk level balap yang lebih tinggi. Inilah yang coba dirintis oleh tiga pembalap muda tanah air yakni Galang Hendra, Imanuel Pratna dan Ali Adrian.

Ketiganya dipastikan akan tampil penuh, full season, di World SSP300 musim 2018 nanti. Jadi, bukan hanya sebagai pembalap wild card saja seperti yang selama ini biasanya dialami pembalap Indonesia. Sebuah keuntungan sekaligus tantangan bagi ketiganya. Menjalani musim balap secara penuh di level dunia tentu akan menjadi sebuah keuntungan untuk mematangkan skill dan mental bagaimana menghadapi kerasnya persaingan. Menjadi tantangan karena mereka akan ditempa dalam kerasnya kompetisi kelas dunia. Ibaratnya, hidup mereka saat ini hanya untuk dunia balap. Bangun tidur bersiap latihan, balapan, sosialisasi dan mau tidurpun mereka harus mempersiapkan diri buat hal yang sama keesokan harinya. Disiplin menjadi hal yang harus dilakukan.

Daftar Pembalap World SSP300 2018

Jika melihat daftar pembalap World SSP300 untuk musim 2018 nanti, baik Galang, Imanuel atau Adrian akan tergabung dalam tim yang berbeda. Persamaannya adalah ketiganya akan menggeber motor yang sama yakni Yamaha R3.

Galang Hendra dan bLu cRu MotoxRacing Team

Galang Hendra akan tergabung dalam tim bLu cRu Yamaha MOTOXRACING. Galang menjadi pembalap yang lolos dalam akademi balap Yamaha bernama Yamaha bLu cRu Riders Academy 2018, sebuah ajang pembinaan pembalap-pembalap muda seluruh dunia dari Yamaha.

Imanuel Pratna dan Terra e-Moto

Imanuel Pratna tergabung dalam tim independen dari Italia bernama Terra e Moto. Dilansir dari sportku.com (22/12/2017) tim ini sebenarnya sudah sejak musim 2017 mengincar pembalap yang pernah menjadi murid Valentino Rossi di Yamaha VR46 Master Camp itu untuk dijadikan pembalap wild card. Sayang, keinginan tim yang dipimpin co-owner sekaligus manajer Illaria Cheli itu tidak terwujud. Namun, akhirnya Terra e Moto bisa mengikat Imanuel di musim 2018 untuk menjadi satu-satunya pembalap mereka di WorldSSP300 musim 2018. Kepercayaan mereka harus dibayar dengan prestasi oleh Imanuel Pratna nih.

Ali Adrian dan Pertamina Almeria Racing

Sedangkan Ali Adrian masih akan tergabung di tim Pertamina Almeria Racing. Tahun 2018 menjadi tahun keduanya tampil penuh di WorldSSP300. Di musim debutnya 2017 lalu, Ali Adrian berhasil mengumpulkan 21 poin dan menempati posisi 18 klasemen akhir. Sebuah hasil yang lumayan mengingat dia baru ikut dan satu-satunya pembalap Indonesia yang tampil penuh di World SSP300.

Tiga pembalap Indonesia ini akan bersaing dengan 33 pembalap lain dari seluruh dunia. Dikutip dari worldsbk.com (24/12/2017) Galang, Imanuel dan Adrian akan mengikuti rangkaian seri World SSP300 musim 2018 sebanyak 8 seri dimulai pada 13-15 April 2018 di Aragon yang merupakan seri ketiga WSBK 2018 dan berakhir di Magny Cours, Prancis 28-30 September 2018.

Advertisements