Motor Baru Pada 2017: Suzuki Bangkit, Honda Tutup Tahun Dengan Manis!

Tak terasa, lima hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2017. Dunia otomotif roda dua tanah air di tahun 2017 semakin berwarna. Di tengah terus menurunnya tren penjualan motor nasional, produsen motor terus berinovasi menciptakan produk-produk baru untuk memenangkan hati konsumen. Di tahun 2017 kemarin tercatat ada 7 motor baru yang dilaunching oleh pabrikan anggota AISI. Apa saja?

Baca juga ya bro 7 motor baru paling ditunggu tahun 2018. Hampir semua anggota AISI merilis motor baru di tahun 2017 ini, hanya TVS yang tidak aktif melakukannya. Honda, Yamaha, Kawasaki bahkan Suzuki punya gacoan baru yang siap membuat konsumen bingung.

Beberapa produk baru yang dilaunching merupakan upgrade dari varian sebelumnya, ada pula yang benar-benar all new, termasuk produk baru yang melokalkan varian CBU sebelumnya. Jadi, inilah 8 motor baru yang dirilis selama tahun 2017 ini.
1. Yamaha All New R15

Ini adalah motorsport 150cc Yamaha generasi ketiga dari R15. Dirilis Januari 2015, R15 mengusung upgrade di semua sisi, R15 mampu menjadi motor paling ‘wah’ di kelasnya. Secara tampilan visual, R15 menganut aliran moge wannabe. Tidak hanya desain, secara jeroan mesin pun R15 ini sudah berbeda. Mesin 4 tak SOHC 4 klep disandingkan dengan Variable Valve Actuation (VVA) membuat tarikan bawah R15 galak khas mesin SOHC tapi juga punya tarikan atas yang panjang khas DOHC. Performa yang galak ternyata tidak membuat R15 boros.

2. Suzuki GSX-R150

Suzuki mencanangkan kebangkitannya di tahun 2017 dengan merilis gacoan anyarnya di kelas motorsport 150cc. Ada GSX-R150 yang hadir dengan segala kelebihannya khas Suzuki. Desain simpel namun calon kandidat desain everlasting, fitur keyless hingga performa paling ganas di kelasnya membuat GSX-R150 sekejap menjadi favorit pecinta kecepatan. Kekuatan GSX-R150 yang paling menyita perhatian adalah harganya yang paling murah di kelasnya.

3. Suzuki GSX-S150

Ini ibarat kembaran dari GSX-R150 namun beraliran naked bike. GSX-S150 mengusung mesin yang sama dengan versi fairingnya yakni DOHC 4 klep overbore. Sayang, walau punya performa paling buas di kelasnya, harga paling murah juga, GSX-S150 tidak mampu menandingi penjualan rival-rivalnya. Mindset konsumen terhadap brand masih kuat. Sama dengan GSX-R150, GSX-S150 diluncurkan Februari 2017.

4. Suzuki Smash Fi

Sempat disuntik mati tahun 2015, Suzuki akhirnya kembali menghadirkan Smash dengan pengabutan injeksi. Smash Fi hadir di bulan Maret 2017. Suzuki beralasan motor ini dibangkitkan lagi karena banyak permintaan akan motor bebek tangguh, irit sekaligus murah di daerah-daerah dengan infrastruktur menantang.

5. Suzuki Nex

Ceritanya mirip dengan Smash, Nex juga kembali dibangkitkan dari tidur panjangnya. Nex diluncurkan sekitar bulan Juni 2017 di event PRJ. Kapasitas mesin yang 113cc mengusung standar emisi Euro3 seperti yang disyaratkan pemerintah untuk motor-motor baru. Nex direncanakan untuk melawan hegemoni Honda BeAT dan Yamaha Mio series. Sayang, nampaknya secara desain dan brand, Nex tidak menjual.

6. Honda CRF150L

Honda akhirnya turun gunung juga di segmen gasruk tanah. Kehadiran CRF150L jelas untuk menghadapi dominasi Kawasaki KLX150 yang selama ini bermain sendirian. CRF150L sudah mengusung fitur dan teknologi yang lebih advance dari rival, maklum anak baru memang harus begitu. Mengusung mesin yang digadang-gadang sama dengan mesin Verza 150, CRF150L sudah mengadopsi pembakaran injeksi sehingga lebih irit. Suspensi depan juga sudah upside down yang membuatnya lebih value dari rival. CRF150L dirilis pada November 2017.

7. Kawasaki W175

Kawasaki tidak mau ketinggalan. Seperti biasanya, mereka memilih jalur lain. Kawasaki membuka segmen baru yakni motor retro kubikasi kecil, W175. Kawasaki mengklaim, W175 merupakan sepeda motor sport entry level, dengan desain retro pertama yang dipasarkan resmi oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia. Kawasaki W175 masih menggunakan pengabutan non injeksi alias karburator. Rilis pertengahan November 2017.

8. Honda All New PCX

Tahun 2017 ditutup dengan kemunculan All New PCX. Versi lokal dari PCX CBU ini dihadirkan untuk manantang maxi skutik Yamaha, NMax. Honda memilih melokalkan PCX untuk menekan harga jual agar bisa melawan NMax. Walau lokal, namun New PCX mengusung banyak kelebihan salah satunya double disc brake.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*