Marquez Kalahkan Rekor Rossi? Carlo Pernat Yakin, Kevin Schwantz Tidak!

ktm indonesia

Siapapun paham jika pembalap MotoGP paling sukses saat ini adalah Valentino Rossi. Raihan 9 titel juara dunia di semua kelas tidak bisa disamai pembalap lain. Namun, sesungguhnya ada satu pembalap yang punya potensi menyamai bahkan menyalip capaian the doctor, dia adalah Marc Marquez. Bagaimana kemungkinan Marquez menyalip Rossi ke depannya? Kita simak opini dua dedengkot MotoGP, Carlo Pernat dan Kevin Schwantz berikut.

Jika Rossi telah meraih 9 titel dengan 7 diantaranya di kelas para raja (500cc/MotoGP) maka Marquez hanya berjarak 3 gelar di belakang. Gelar juara MotoGP tahun 2017 ini menjadi raihan ke-6 Marquez atau keempat di kelas MotoGP. Dengan usia yang masih muda, 24 tahun, sangat besar kemungkinan bagi si baby alien untuk menambah gelar demi gelar. Apalagi saat ini Marquez mendapat paket motor terbaik, sementara itu di sisi lain Rossi terus kesulitan untuk menggenapi jumlah titelnya menjadi 10. Tercatat sejak 2009 lalu Rossi sudah puasa juara MotoGP.

Carlo Pernat

Menanggapi kondisi tersebut, Carlo Pernat, sang pengamat MotoGP punya keyakinan bahwa Marquez sangat bisa mengejar jumlah titel Rossi. Alasannya karena Marquez sangat paham dengan kemampuan motornya sehingga selalu menjadi kandidat kuat juara setiap musim. Selain itu, Pernat menganggap usia Marquez yang masih muda menjadi bekal baginya untuk merongrong raihan Rossi.

“Marquez akan menjadi favorit setiap tahunnya. Saya pikir dia akan mengalahkan Valentino dalam hal jumlah gelar yang dimenangkan. Dia masih muda dan masih memiliki jalan panjang di depannya. Dia akan menjadi orang yang harus dikalahkan. Dia adalah pembalap fenomenal dan dia telah mendapatkan kepercayaan diri yang besar,” ujar Pernat seperti dikutip dari gpone.com (27/12/2017).

Kevin Schwantz

Jika Pernat optimis soal Marquez yang bakalan bisa mengalahkan Rossi, beda halnya dengan yang diungkapkan legenda MotoGP Kevin Schwantz. Mantan pembalap MotoGP asal Amerika Serikat itu meragukan kemampuan Marquez mengalahkan jumlah gelar Rossi. Schwantz berpendapat ke depan Marquez akan mendapatkan perlawanan sengit dari pembalap-pembalap bagus di Moto2 dan Moto3.

“Saya tak setuju (Marquez lewati rekor Rossi), karena ada banyak pembalap berbakat di Moto2 dan Moto3 saat ini. Memang mereka harus terjun ke MotoGP terlebih dulu setelah ini. Saya berpikir jumlah titel juara Valentino Rossi sulit terkejar di era modern,” ucap Schwantz dikutip dari tuttomotoriweb.com (28/12/2017).

Selain mengomentari Marquez, Schwantz juga berbicara soal pensiun Rossi. Schwantz tidak yakin Rossi akan pensiun usai musim 2018. Namun, Schwantz yakin suatu saat nanti Rossi akan punya tim di MotoGP. Soal ini sebenarnya memang menunggu kapan Rossi pensiun sebab Yamaha nampaknya siap memberikan jatah tim satelit kepada tim Rossi seiring habis kontraknya Tech 3 di akhir musim 2018 nanti.

Advertisements