Video Terbakarnya Honda CRF150L di Bogor, Ini Penyebabnya?

Jumat (29/12/2017) seolah menjadi ‘harinya’ Honda. Sayangnya, lebih ke citra negatif. Sehari itu ada dua berita viral soal produk pabrikan berlogo sayap tunggal itu, yakni patahnya triple clamp New CB150R di Surabaya serta terbakarnya CRF150L di Bogor. Cobaan, human error atau kualitas produk yang jelek?

Soal terbelahnya New CB150R di Surabaya silahkan klik artikel tersebut di sini. Belum usai New CB150R terbelah dua, di Bogor muncul video penampakan motor trail anyar Honda, CRF150L yang tengah terbakar. Koq bisa terbakar?

Menurut komentar dari salah satu netizen di unggahan video terbakarnya CRF150L bernama Achmad Helmy menyebutkan bahwa motor trail itu terbakar gara-gara modifikasi pengabutan bahan bakar dari injeksi ke karburator. Ya, CRF150L yang sejatinya injeksi ternyata diganti menjadi karburator. Baru distarter api langsung menyambar dan terbakar.

“Crf nya di ganti pake karbu..baru di bore up ..baru di stater langsung ke bakar…kabel busi nya sobek .ada percikan api di kabel busi…bgtu kira2 menurut saksi”

Ada-ada saja ya kelakuan orang Indonesia ini. Dulu karbu diganti injeksi agar lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar, eh sekarang injeksi diganti ke karbu. Tidak salah sebenarnya jika dilakukan dengan perhitungan yang tepat dan matang serta dikerjakan dengan ketelitian dan kerapian yang tinggi. Salah sedikit bisa runyam seperti contoh di atas.

Tidak ada yang melarang modifikasi motor tunggangan, lha wong motor-motor sendiri, belinya pake duit sendiri, mau diapain juga silahkan. Tapi, kalau sudah merugikan diri sendiri dan orang lain alangkah egoisnya modifikasi begitu. Semoga kejadian di atas bisa dijadikan pelajaran, terutama buat RA sendiri.

Advertisements

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*