MotoGP 2018 Kedatangan Tim Satelit Baru Rasa Lama!

ktm indonesia

banner.jpg

MotoGP musim 2018 akan kedatangan tim independen baru tapi rasa lama. Tim itu adalah Angel Nieto Team. Nama bru tapi sebenarnya tim lama yang ganti nama. Tim ini sebelumnya bernama Aspar Team, tim satelit Ducati. Ada apa ganti nama?

Angel Nieto
Perubahan tersebut merupakan bentuk penghormatan bagi mendiang Angel Nieto Roldan, legenda balap MotoGP. Pemilik Aspar Team sendiri adalah Jorge Martinez yang tak lain adalah rival sekaligus anak didik Angel Nieto.

“Angel Nieto identik dengan balap motor. Orang yang meletakkan pondasi balap motor di Spanyol dan kami ingin memberikan penghormatan untuk itu dengan mengganti nama tim kami menjadi Angel Nieto Team,’ ujar Jorge Martinez membeberkan alasan pergantian nama timnya seperti dikutip dari motogp.com (28/12/2017).

Logo Angel Nieto Team
Tidak hanya mengganti nama, Martinez benar-benar total memberikan penghargaan kepada keluarga Angel Nieto dengan mengangkat anak tertua mendiang, Gelete Nieto sebagai Tim Principal. Mengenai keputusannya ini, Martinez kembali menjelaskan:

“Angel membantu hidup banyak orang, termasuk saya, dan dia merupakan bagian penting dalam hidup saya, begitu pula anaknya Gelete dan Pablo dan keponakannya, Fonsi,” tambah Martinez.

Fyi, Pablo saat ini merupakan manajer tim Sky Racing VR46 sedangkan Fonsi adalah pelatih pembalap di Pramac Ducati.

Sementara itu, Gelete sendiri merupakan pembalap pertama Aspar dari keluarga Nieto. Pada periode balap 1993-1997 itu, Gelete sukses memenangi beberapa kejuaraan balap Eropa di Barcelona dan Kejuaraan Spanyol di Jerez. Selain itu, dengan total 28 kali penampilannya di Grand Prix (GP) rasa-rasanya Gelete memang pantas mendapatkan posisinya saat ini di Aspar Team eh Angel Nieto Team.

Angel Nieto dan Jorge Martinez
Angel Nieto vs Jorge Martinez

Dikutip dari motogp.com (4/8/2017) Angel Nieto wafat pada 3 Agustus 2017 setelah sempat mengalami koma akibat kecelakaan. Pada 26 Juli 2017, Angle Nieto mengalami kecelakaan ketika tengah mengendarai quad bike. Sebuah mobil menghantamnya dari belakang di Ibiza, tempat tinggalnya dalam beberapa tahun terakhir. Nieto wafat di Rumah Sakit Our Lady of the Rosary di Ibiza setelah mengalami trauma hebat di kepala, 8 hari usai kecelakaan pada usia 70 tahun.

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.