Low MPV Masih Dikuasai Avanza, Tapi XPander Kirim Sinyal Serius!

Mitsubishi XPander menjadi mobil fenomenal di tahun 2017. Walau belum mampu menggeser Toyota Avanza dari puncak, namun XPander sudah bisa mengalahkan pemain lama seperti Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio dari posisinya. Dari data penjualan (wholesales) di bulan November, XPander menempati posisi kedua di bawah Avanza, seperti apa kondisinya? Lanjut…

Posisi Avanza memang sangat sulit untuk didongkel. Penjualannya sangat stabil sepanjang 2017. Pantas jika kembaran Xenia ini menjadi low MPV sejuta umat. Yang menarik adalah pertarungan di bawahnya. Sebelum XPander masuk, nama-nama seperti Xenia, Ertiga dan Mobilio silih berganti mendekati Avanza.
Di awal tahun, Mobilio melesat dengan penjualan hingga rataan 5 ribuan unit. Hingga bulan kelima, Mobilio masih stabil di angka 3 ribuan unit. Namun, di pertengahan tahun Ertiga yang sejak awal stabil di angka 2-3 ribuan terus konsisten untuk menempel. Sedangkan di akhir tahun giliran Xenia yang terus konsisten dan akhirnya menyalip. Secara akumulasi akhirnya hingga November 2017, Xenia sukses menempati posisi kedua di depan Ertiga dan Mobilio.

Namun, khusus bulan November potensi XPander mulai memperlihatkan diri. Mobil dengan desain macho khas Pajero itu terjual hingga 4 ribuan unit mengalahkan trio Xenia-Ertiga-Mobilio. Hanya Avanza yang bisa mengalahkan penjualan XPander dengan 10 ribuan unit. Avanza seperti bermain di dunia lain. Penjualan XPander November naik lebih dua kali lipat dari bulan Oktober yang ‘hanya’ di kisaran 2 ribuan unit. Bukan tidak mungkin di tahun 2018 nanti XPander akan semakin melesat meninggalkan sang trio. Inden-inden XPander siap untuk diselesaikan.

Lalu, bagaimana dengan sosok fenomenal lainnya di akhir 2017 kemarin, Wuling? Jika popularitas XPander seiring sejalan dengan penjualan, maka Wuling Confero S serasa hanya ramai diperbincangkan, tidak dipenjualan. Sama-sama mencatat angka penjualan sejak September 2017, Confero S yang hanya punya satu varian terus menunjukkan tren penurunan. Jika di September terjual hingga 1.300an unit, sebulan kemudian turun menjadi 900an unit dan di November kembali turun menjadi 800an unit.

Jika Wuling mampu meningkatkan jumlah jaringan dealernya di seluruh Indonesia bisa jadi angkanya tidak akan seperti saat ini. Selain itu, Wuling sepertinya harus menambah varian automatic di jajaran line up-nya. Konsumen di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan tinggi tentu lebih memilih mobil transmisi automatic dibanding manual. Wuling harus segera sigap dengan kondisi tersebut.

Penjualan Low MPV Januari-November 2017
Penjualan bulan Januari 2017:
1. Avanza 10.374 unit
2. Mobilio 3.355 unit
3. Ertiga N/A (gak dapet datanya, cak)
4. Xenia 3.024 unit
Toyota Avanza

Advertisements