Tidak Hanya Lokal, Yamaha MX King 150 Juga Superior di Ekspor

ktm indonesia

MX King 150 benar-benar menjadi andalan Yamaha tidak hanya di pasar domestik tapi juga ekspor. Walau bukan yang terbesar dari seluruh varian ekspor Yamaha, MX King masih menjadi bebek super paling banyak diminati di mancanegara. Data AISI Desember 2017 khusus pasar ekspor bisa menjadi bukti.

Di artikelĀ sebelumnya, MX King menjadi bebek super terlaris di tanah air mengalahkan para rival yang bukan main tongkrongannya. Nah, di pasar ekspor MX King kembali menjadi andalan Yamaha untuk kelas bebek super. Kipas-kipas dollar dari penjualan MX King bikin Yamaha senyum lebar.

Sepanjang Januari-November 2017, penjualan MX King di pasar mancanegara mencapai hampir 50 ribu unit. Jauh di atas bebek super lainnya seperti Sonic 150R, Supra GTR dan Satria F150 yang juga diekspor. Silahkan perhatikan grafis di bawah ini yang RA sarikan dari iwanbanaran.com (29/12/2017):

Angkanya benar-benar jauh meninggalkan para rival. Bahkan jika diakumulasi jumlah ekspor tiga rivalnya, masih belum bisa mendekati capaian MX King.

Jika sedikit dianalisa, kekuatan MX King hingga mendominasi ini adalah pada desain. Dibanding Supra GTR yang benar-benar head to head jika dibandingkan, MX King jauh lebih spektakuler secara tongkrongan. Bahkan, jika empeyan riding di belakang MX King, pasti akan mengira itu adalah motorsport atau motor laki. Sebab, memang MX King punya profil buritan yang mirip motor laki dengan velg dan ban lebar.

Mesin SOHC pun sebenarnya tidaklah se-inferior yang diopinikan selama ini. Bahkan, di beberapa kejuaraan balap nasional, mesin SOHC MX King mampu ngemplengin DOHC Sonic dan Satria. Selain iti, faktor biaya murah untuk perawatan menjadi kelebihan lain SOHC MX King.

Advertisements