Musim 2018, Pembalap MotoGP Bakal Pakai Baju Balap Berkantung Udara, Wearpack Airbag!


Cukup banyak aturan baru di balap Grand Prix MotoGP musim 2018 nanti. Salah satu yang penting untuk diketahui adalah peraturan tentang wearpack alias baju balap para pembalap yang level keamanannya ditingkatkan lebih tinggi. Mulai musim 2018, wearpack pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 diwajibkan menggunakan airbag. Wow… wearpack berkantung udara?

Seperti dikutip dari motogp.com (11/1/2018) penambahan airbag di baju balap bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pembalap di lintasan. Airbag ini secara garis besar sistem kerjanya sama dengan airbag pada mobil yakni akan mengembang jika terjadi benturan. Sehingga organ tubuh pembalap akan relatif terlindungi.

Airbag pembalap MotoGP ini harus menutupi setidaknya dua bagian tubuh pembalap yakni bahu dan tulang selangka. Untuk pelindung bagian punggung dibebaskan kepada pilihan pembalap, fully protected atau hanya sebagian saja. Namun, apapun pilihannya untuk bagian punggung ini harus menutupi seluruh bagian tulang belakang.


Sebelum digunakan, airbag ini harus melalui serangkaian uji yang sangat ketat. Persyaratan uji antara lain mencakup baterai, elektronik, waktu mengembang hingga waktu airbag mengempis. Juga diuji kemungkinan airbag mengembang tidak disengaja sehingga bisa menyebabkan pengendara mengalami kecelakaan atau menghalangi pengendara mengendalikan sepeda motor balap mereka.

Disebutkan juga bahwa sistem airbag di wearpack pembalap MotoGP ini tidak berkaitan dengan motor. Artinya, tidak ada tali atau semacam pengikat yang dikaitkan ke motor pembalap. It’s free!


Untuk produsen wearpack ber-airbag harus terdaftar dalam dokumentasi resmi agar bisa dipastikan mereka mengikuti semua persyaratan yang telah ditentukan.

Memang peraturan khususnya soal sisi keselamatan pembalap harus terus dievaluasi setiap tahunnya. MotoGP tidak hanya ajang adu kencang pembalap dan motor tapi juga soal adu kencang teknologi para insinyur dan teknisi menghadirkan motor yang makin canggih dan kencang. Alhasil, keselamatan pembalap juga semakin terancam. Terus meningkatkan level keselamatan pembalap adalah jawabannya. Wearpack airbag adalah salah satunya!

Advertisements