BREAKING NEWS!!! Jonas Folger Mundur Dari MotoGP 2018!

Di tengah hiruk pikuk gosip motor baru di tanah air, dari mancanegara muncul kabar mengejutkan, khususnya dari dunia balap MotoGP. Pembalap Yamaha Tech 3 asal Jerman, Jonas Folger, memutuskan untuk mundur dari MotoGP musim 2018! Wow… ada apa ini?

Jonas Folger mundur dari MotoGP 2018
Dikutip dari laman resmi tim Yamaha Tech 3, motogp.tech3.fr (17/1/2018) disebutkan bahwa Folger mundur dari MotoGP musim 2018 ini dikarenakan tidak siap 100% dengan kondisi fisiknya saat ini. Folger memang diketahui sejak akhir musim lalu menderita penyakit yang disebabkan oleh penyakit kelainan genetik langka yang mempengaruhi kerja liver, dengan gejala kelelahan dan pusing. Alhasil, gara-gara penyakit tersebut Ia harus absen di 4 seri terakhir musim lalu.

“Saya sangat sedih untuk mengatakan ini bahwa saya tidak akan membalap di MotoGP 2018. Saya tidak mampu meningkatkan kondisi fisik saya dan saya merasa tidak bisa untuk mengendarai motor MotoGP dalam kondisi 100%”, ujar Folger.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada tim Yamaha Tech 3, Yamaha Factory Jepang, Monster Energy, HJC, IXON, Forma Boots dan Rudy Project. Saya berharap akan kembali suatu hari nanti dan berterima kasih atas support dan dukungannya selama ini”, tutup rekan Johann Zarco ini.

Sedih bacanya, cak. Padahal musim lalu, Yamaha Tech 3 benar-benar tampil impresif lewat duet Zarco-Folger ini, termasuk podium kedua Folger di Jerman. Lalu, bagaimana respon bos Yamaha Tech 3, Herve Poncharal?

Jonas Folger on Podium Sachsenring 2017
“Tadi malam (selasa) saya menerima telepon dari Bob More, manajer pribadi Folger. Saya tidak percaya dengan yang Bob katakan bahwa Folger memutuskan tidak akan mengikuti balap MotoGP 2018 karena dia tidak bisa mengembalikan kondisi fisik dan mentalnya 100%,” ujar Poncharal.

“Sangat disayangkan sebab Dia adalah seseorang yang saya percaya dan akan mencapai puncak dunia bersama tahun ini. Tapi, saya menghargai keputusannya, walaupun terasa berat mendengarnya,” tambah Poncharal.

“Terasa berat karena saya harus mencari pembalap pengganti, dimana itu sebuah misi yang sangat sulit saat ini. Semua pembalap kencang saat ini sudah dikontrak seluruh tim,” tutup pria asal Prancis itu.

Michael van der Mark
So, seperti yang dikatakan Poncharal bahwa Yamaha Tech 3 harus segera menemukan pembalap pengganti Jonas Folger jelang 2 pekan test pramusim Sepang. Kira-kira siapa calonnya? Ada nama Michael van der Mark, pembalap tim Pata Yamaha di Superbike yang bisa dikedepankan. Van der Mark sudah pernah menggantikan posisi Folger di musim lalu, tapi hasil kurang impresif sepertinya menjadi handicap pembalap asal Belanda itu. Lalu, kira-kira siapa? Kita tunggu saja dalam 1-2 pekan ke depan hasil pencarian Poncharal.

Advertisements