Pembalap Yamaha Pada Menolak Gantikan Jonas Folger, Spekulasi Makin Liar!

ktm indonesia

Spekulasi calon pengganti Jonas Folger di Yamaha Tech 3 mengarah ke pembalap Yamaha di semua kelas. Dua diantaranya adalah pembalap Yamaha di Superbike, Michael van der Mark dan Alex Lowes. Keduanya menjadi kandidat kuat menggentikan pembalap Jerman itu pasca mengumumkan pengunduran diri dari MotoGP 2018 akibat serangan virus. Namun, pada perkembangannya baik Lowes maupun van der Mark menolak isu itu.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, keduanya sepakat untuk mengakhiri spekulasi sebagai pengganti Jonas Folger dengan menyatakan akan tetap fokus ke Superbike, setidaknya hingga musim 2018 berakhir. Van der Mark dalam pernyataannya menyebutkan bahwa Ia menikmati saat menggantikan peran Folger di musim lalu, tapi Ia memilih fokus ke Superbike untuk mengalahkan Jonathan Rea, sang jawara tiga edisi terakhir.

“Saya sangat menyukai MotoGP. Motor M1 Tech 3 sangat cepat dan relatif mudah dikendarai. Namun, saya sudah terikat kontrak dengan Pata Team R1 selama dua tahun dan saya sangat menghormati itu. Saya sudah berbicara dengan Herve, tapi untuk saat ini saya akan tetap menyelesaikan kontrak saya di Superbike,” ujar van der Mark kepada gpone.com (21/1/2018).

Ketika ditanya bagaimana usai kontraknya habis dengan Pata di 2019 nanti? van der Mark menjawab secara diplomatis.

“Target saya tahun ini adalah berjuang untuk meraih podium dan berusaha memenangi seri bersama Yamaha R1. Setelahnya, saya akan terus berjuang di Yamaha, baik di Superbike atau MotoGP.”

Senada dengan van der Mark, Alex Lowes yang juga partnernya di Pata Yamaha, berbicara bahwa dirinya keluar dari spekulasi menuju MotoGP saat ini. Alex mengaku akan fokus ke proyek besarnya di Superbike untuk bertarung di jajaran elit pembalap terdepan.

“Saya berkomitmen penuh untuk Yamaha di Superbike tahun 2018 untuk bertarung di depan, seperti komitmen mereka ke saya. Saya bahkan tidak terpikir untuk pindah ke MotoGP dan lebih fokus ke target kita itu,” ujar Alex Lowes di motorcyclenews.com (21/1/2018).

Menolaknya dua pembalap Yamaha Superbike menggantikan Jonas Folger, spekulasi baru menyebutkan bahwa mantan pembalap MotoGP asal Kolombia, Yonny Hernandez, tiba-tiba masuk bursa pengganti Folger. Yonny yang saat ini tengah tergabung dengan tim Pedercini di Superbike tidak menutup pintu untuk kembali ke jajaran pembalap kelas dunia di MotoGP.

“Saya prihatin dengan kondisi Folger. Saat ini komitmen saya untuk Pedercini, petualangan baru saya dimulai di sini. Namun, sebagai pembalap jika saya mensapat kesempatan kembali ke MotoGP, saya akan mengambilnya,” demikian penuturan Yonny Hernandez kepada gpone.com (22/1/2108).

Hemm… runyam juga ya kondisi Yamaha Tech 3 saat ini. Herve Poncharal selaku big bos tentu pusing dengan kondisi kehilangan satu pembalap saat tes pramusim resmi akan dimulai sekitar seminggu lagi. Pembalap-pembalap bagus dan kencang sudah terikat kontrak dengan tim lain di waktu yang seperti ini. Setelah dua pembalap Yamaha Superbike menolak, opsi paling terbuka bagi Poncharal adalah menggaet pembalap Moto2 seperti Francesco Bagnaia. Kita tunggu saja siapa yang berhasil digaet Poncharal untuk mendampingi Johann Zarco di MotoGP 2018. Empeyan ada calon cak?

Advertisements