Suzuki Recall GSX-R_S150? Good Job!

Cukup kaget juga saat ada rekan blogger di grup whatsapp mengirimkan sebuah gambar seperti di atas. Ada notifikasi tentang quality update “penggantian starter idle gear set GSX-R_S150”. Wow… GSX-R150 dan GSX-S150 kena recall?

Jika melihat postingan netizen di grup facebook Suzuki GSX-R150 Indonesia cukup banyak juga yang mendapatkan surat mesra Suzuki di web suzuki.co.id. Beragam tanggapan sontak bermunculan. Dari yang santai saja menerima dan berpikiran positif bahwa recall adalah bentuk perhatian pabrikan terhadap konsumennya, hingga yang menjelek-jelekkan (fanboy sebelah detected).

Namun, ternyata tidak semua unit GSX-R_S150 yang mengalami recall seperti di atas, ada beberapa netizen yang memposting penampakan dari web tersebut bahwa motor GSX-R_S150 yang tidak dipanggil untuk dilakukan penggantian alias tidak recall.

Belum jelas informasi yang beredar GSX-R_S150 produksi tahun berapa dengan nomor rangka berapa yang diharuskan direcall. Belum ada konfirmasi resmi dari Suzuki. Saat RA cek dan ricek ke web suzuki.co.id (25/1/2018 pukul 18.30 wib) ternyata sedang offline.

Jika memang Suzuki resmi melakukan recall terhadap GSX-R_S150, maka sudah seharusnya konsumen mendapatkannya secara cuma-cuma alias gratis. Konsumen hanya berkorban sedikit waktu untuk membawa ke bengkel resmi, so santai saja. Ikuti saja alurnya, tak ada yang perlu dikuatirkan.

Sebenarnya kita tidak usah baper dengan istilah recall apalagi kalau itu menimpa motor tunggangan sendiri. Recall menjadi tanggung jawab produsen atas produk buatannya. Recall berarti mereka peduli dengan kita sebagai konsumennya. Mereka tidak mau kita sebagai konsumennya merugi dengan produk yang dibelinya.

Lagi pula, ini soal kredibilitas bagi mereka. Dengan membiarkan produk buatannya rusak atau cacat di tangan konsumen, di satu sisi nama pabrikan memang tidak tercoreng dengan recall, namun ini akan menjadi bom waktu yang tinggal nunggu waktu saja meledak. Santai saja jika ada yang nyinyir bahwa produk recall adalah jelek. Tidak cak, biarkan saja anjing menggonggong, biker terus ngegas!

Salut untuk Suzuki, lebih joss lagi jika mau mengumumkannya resmi ke publik! Semoga ini diikuti ATPM lain tanpa harus menunggu ribut-ribut di media sosial antar fansboy!

Advertisements