Gaji Marc Marquez Terbesar di MotoGP, Tapi Hanya Seperempat Gaji Pesepakbola Satu Ini!

ktm indonesia

Para pembalap MotoGP merupakan pekerjaan dengan resiko celaka yang relatif tinggi. Dengan menggeber motor prototype berkecepatan di atas 300 km/jam, mereka seolah menantang maut. Tak heran jika gaji mereka sangat tinggi. Lalu, berapakah gaji pembalap MotoGP musim 2018 ini?

Gelar juara keempat di kelas premier tahun lalu membuat HRC menaikkan gaji Marc Marquez sekitar US$1 juta. Tambahan pendapatan ini membuat Marquez kini menjadi pembalap dengan bayaran paling tinggi di dunia. Jumlahnya melewati yang diterima Valentino Rossi dalam setahun.

Sedangkan duo Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso memiliki nominal gaji di bawah Marquez dan Rossi. Jika Marquez punya gaji US11,5 juta dan Rossi US$10 juta, maka Lorenzo dan Dovi masing-masing bergaji US$8 juta dan US$7 juta.

Memasuki musim keduanya di Yamaha, Maverick Vinales telah memiliki bayaran terbesar kelima di MotoGP 2018 dengan nilai US$5 juta mengalahkan pendapatan setahun Dani Pedrosa yang ‘hanya’ US$3,3 juta.

Keenam pembalap papan atas tersebut kebetulan hanya berasal dari 3 tim pabrikan yang tengah bersaing di papan atas; Honda, Yamaha dan Ducati. Lalu, bagaimana dengan pembalap lain.

Ternyata, tidak semua pembalap MotoGP punya gaji besar. Beberapa pembalap bahkan habya digaji dengan jumlah tidak sampai US$1 juta di tahun 2018 ini. Sebut saja rookie asal Jepang, Takaaki Nakagami yang dalam semusim hanya dibayar US$250 ribu atau 46 kali lebih kecil dari yang diterima Marquez. Kemudian ada nama Xavier Simeon yang juga punya nominal gaji sama dengan Nakagami.

Rookie yang punya gaji terbesar adalah Franco Morbidelli dan Thomas Luthi. Keduanya menerima bayaran US$650 ribu di musim 2018 ini. Gaji keduanya bahkan mengalahkan jumlah yang diterima pembalap yang lebih dulu mentas di MotoGP seperti Tito Rabat, Karel Abraham, Alvaro Bautista dan Jack Miller.

Daftar Gaji Pembalap MotoGP 2018 seperti dikutip dari gridoto.com (12/1/2018):

1. Marc Marquez, US$ 11,5 Juta
2. Valentino Rossi, US$ 10 Juta
3. Jorge Lorenzo, US$ 8 Juta
4. Andrea Dovizioso, US$ 7 Juta
5. Maverick Vinales, US$ 5 Juta
6. Dani Pedrosa, US$ 3,3 Juta
7. Johann Zarco, US$ 3 Juta
8. Danilo Petrucci, US$ 2,8 Juta
9. Cal Crutchlow, US$ 2,5 Juta
10. Andrea Iannone, US$ 2 Juta
11. Scott Redding, US$ 1,8 Juta
12. Jonas Folger, US$ 1,5 Juta
13. Álex Rins, US$ 1,25 Juta
14. Pol Espargaró, US$ 1 Juta
15. Bradley Smith, US$ 850 Ribu
16. Franco Morbidelli, US$ 650 Ribu
17. Thomas Lüthi, US$ 650 Ribu
18. Jack Miller, US$ 600 Ribu
19. Álvaro Bautista, US$ 450 Ribu
20. Karel Abraham, US$ 450 Ribu
21. Esteve Rabat, US$ 400 Ribu
22. Xavier Siméon, US$ 250 Ribu
23. Takaaki Nakagami, US$ 250 Ribu.

Gaji Pemain Sepakbola

Namun, jika sampeyan menduga bahwa gaji pembalap MotoGP adalah yang terbesar di dunia, sebaiknya tengok dulu gaji para pesohor sepakbola. Para bintang lapangan hijau ternyata punya nominal gaji yang jauh lebih besar dari pembalap MotoGP, bahkan sekelas Marquez atau Rossi sekalipun.

Cristiano Ronaldo misalnya. Dikutip dari bola.com (23/11/2017) Megabintang Real Madrid itu bukanlah pemain dengan gaji tertinggi di dunia, walau begitu jumlah dollar yang diterimanya adalah 520 ribu. Wah dua kali lipat bayaran Nakagami dong? Eits… tahan dulu, jumlah setengah juta dollar yang diterima CR7 itu hanya dalam sepekan, cak! Edaaannn…

Bagaimana dengan gaji Lionel Messi? Nyawa Barcelona itu juga bukan pesepakbola dengan gaji terbesar di dunia. Messi hanya menempati peringkat ketiga dengan gaji senilai US$712 ribu (sekali lagi) dalam sepekan. Setahun? kalikan saja 52 pekan!

Lalu, siapa pesepakbola dengan gaji terbesar di dunia? Awal musim ini penyerang Argentina Carlos Tevez masih menyandang pemain dengan gaji termahal sejagad raya. Di Shanghai Shenhua, klub asal China, Tevez menerima bayaran fantastis senilai US$903 ribu! Namun, jumlah ini diragukan masih diterima Tevez seiring kepindahannya di Januari ini ke Boca Junior, klub asalnya di Argentina. Boca diragukan sanggup membayar besaran gaji Tevez layaknya Shenhua. Jadi, siapa dong?

Dia adalah Neymar Jr. Pemain termahal dunia berkat megatransfernya ke Paris Saint Germain dari Barcelona senilai €222 juta ternyata kini telah menjadi pesepakbola dengan gaji termahal di dunia dengan nilai US$854 ribu per-pekan atau US$44,4 juta setahun! Bandingkan dengan gaji Marquez yang tiba-tiba sangat inferior dengan US$11,5 juta setahun.

Nah, jadi tahu kan dimana posisi gaji para pembalap MotoGP jika dihadapkan dengan pemain sepakbola dunia. Perbedaan gaji keduanya memang bak langit dan bumi, apalagi jika membandingkan gaji pesepakbola termahal dengan rookie MotoGP, ngeri liatnya!

Advertisements