Perang Aero Fairing Di Sepang, Winglet Gaya Baru!

Dua hari tes pramusim MotoGP 2018 di sirkuit Sepang tidak hanya memunculkan adu kencang pembalap namun juga adu cerdik mengakali larangan penggunaan winglet. Hari kedua tes kemarin (29/1/2018) menunjukkan bagaimana insinyur tim-tim pabrikan dan satelit memodifikasi ‘muka’ kuda besi dengan tambahan fairing atau disebut aero fairing.

‘Perang’ model aero fairing terlihat hampir pada semua motor pembalap. Mulai dari Ducati yang memang getol dengan ide winglet dulu hingga aero fairing kini, kemudian Yamaha juga ‘latah’ mengikuti dan terbaru adalah Honda yang justru seperti menjiplak plek aero fairing kreasi Ducati. Ckckck… gak di sini gak di MotoGP jurus ATM selalu melekat wkwkwkk…

Bagaimana hasil penggunaan aero fairing bagi performa sang pembalap? Jika acuannya dua hari tes Sepang, maka Yamaha adalah yang paling diuntungkan. Baik Vinales maupun Rossi yang di hari pertama terpuruk, hari kedua langsung melesat ke puncak di hari kedua berkat pemakaian aero fairing di M1 mereka. Ducati juga tambah mengerikan, tidak hanya Lorenzo dan Dovi yang kencang, dua pembalap tim satelit mereka, Miller dan Petrucci juga sangat kencang.

Hasil berbeda terlihat pada Honda. Jika di hari pertama Pedrosa terkencang dan Marquez di posisi tujuh tanpa aero fairing, di hari kedua mereka tidak lagi sekencang hari pertama (atau bisa jadi tetap kencang namun progressnya kalah cepat dari tim lain berkat aero fairing). Marquez bahkan harus ndlosor saat pakai aero fairing, Pedrosa merosot ke posisi 12. Nampaknya aero fairing bukanlah solusi bagi Honda. Tahun lalu mereka tampil ganas juga tanpa aero fairing.

Suzuki, KTM hingga Aprilia juga tidak mau kalah untuk eksis dengan aero fairing. Bahkan, para pembalap penguji juga tidak luput untuk ngaero fairing.

Padahal jika dilihat bentuknya, seperti tidak beda dengan winglet. Mungkin bedanya hanya dikonfigurasinya dengan fairing. Aero fairing lebih menyatu dengan fairing, winglet seperti part tambahan terpisah.

Entah, apakah aero fairing ini akan digunakan pada saat musim berjalan nanti atau hanya sekedar mendapatkan data yang dibutuhkan saat tes pramusim saja.

Advertisements