Jarak Tempuh 7 Seri MotoGP 2018 Dipangkas!

Tujuh dari 19 sirkuit MotoGP 2018 akan mengalami pengurangan jarak tempuh. Hal tersebut dilakukan karena adanya masukan dari para pembalap kepada pihak Komisi Keselamatan yang menilai jarak tempuh balapan terlalu panjang.

 

Selain itu, 9 balapan di Moto3 dan 7 balapan di Moto2 juga akan mengalami pemangkasan jarak tempuh. Hal ini dilakukan untuk mempermudah panitia mengatur jadwal balap.

Oke, back to MotoGP, ketujuh sirkuit yang mengalami pengurangan jarak tempuh adalah Austin, Jerez, Le Mans, Barcelona, Brno, Misano, dan Valencia. Rata-rata dipangkas 1 lap, kecuali Jerez yang kehilangan 2 lap dan Valencia 3 lap seperti dikutip dari laman motorsport.com (3/2/2018).

Pengaturan ini dilakukan hanya setahun sebelum balapan motor listrik FIM Moto-e World Cup akan diselenggarakan. Balapan listrik tersebut akan menggelar empat hingga enam balapan di Eropa. Masuknya balapan listrik itu akan menambah padat jadwal balap di hari Minggu dimana rata-rata FIM Moto-e World Cup akan menghabiskan 8 putaran. Sehingga akan sangat mepet dengan jam start MotoGP yang di kisaran jam 2 siang waktu setempat.

Berikut 7 Sirkuit Yang mengalami pengurangan jumlah putaran di MotoGP 2018:

Lumayan lah dengan 7 race pengurangan jarak tempuh hingga 44,8 km dari total 2.116,4 km (belum termasuk Sirkuit Chang, Thailand yang data jumlah lapnya belum ada).

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*