Hapus Pesan Whatsapp Lebih Dari 7 Menit? Bisa… Ini Caranya!

ktm indonesia

Salah satu fitur whatsapp yang baru dirilis akhir tahun lalu, tepatnya Oktober 2017 adalah unsend yakni menghapus pesan yang salah kirim. Namun, ‘kelemahan’ fitur tersebut adalah jangka waktu pesan yang bisa dihapus hanya maksimal 7 menit sejak pesan dikirim. Lebih dari itu pesan sampeyan jadi permanen alias tidak bisa dihapus. Namun, ada celah yang bisa kita manfaatkan untuk mendobrak aturan 7 menit itu. Mau tahu? Lanjut…

Fitur unsend yang memungkinkan pesan salah kirim bisa dihapus sebelum 7 menit

Melalui fitur unsend, pesan yang salah kirim bisa dihapus dengan cara menekan agak lama pesan yang salah kirim kemudian pilih ikon tong sampah dan pilih delete for everyone. Namun, sekali lagi whatsapp hanya memberikan toleransi maksimal 7 menit untuk pesan yang bisa dihapus sejak pengiriman. Bagaimana kalau sudah lebih dari 7 menit? Secara teori tidak bisa, tapi pada praktiknya bisa koq. Begini caranya…

Setelah 7 menit, pesan tidak bisa dihapus

Pertama, matikan seluruh koneksi internet di hp sampeyan, termasuk mobile data dan wifi. Sudah?

Kedua, matikan aplikasi whatsapp dengan menutup jendela aplikasi. Sampun?

Ketiga, masuk setting hp dan ubah tanggal menjadi sebelum hari pengiriman pesan yang akan dihapus. Misal diubah ke tanggal kemarin. Beres?

Keempat, buka whatsapp dan cari pesan yang akan dihapus. Mare?

Kelima, lakukan hapus pesan seperti biasanya. Tekan agak lama pesan sampai muncul ikon tong sampah di atas. Pilih ikon tersebut dan akan muncul pilihan delete for everyone. Asyik bukan? Geus?

Dengan sedikit trik, pesan yang sudah berumur 20 menit masih bisa dihapus

Keenam, atur ulang tanggal hp ke kondisi semula. Sip?

Ketujuh, hidupkan kembali mobile data atau wifi hp sampeyan cak.

Taraaa… Pesan whatsapp yang dihapus dengan trik ini akan tetap terhapus sehingga secara efektif melewati batasan waktu 7 menit untuk unsend.

Di tempat pesan yang dihapus, whatsapp akan menampilkan tulisan you deleted this message sehingga lawan bicara dalam sebuah chat/grup akan tetap mengetahui bahwa pengguna telah menghapus pesan terkait. Sempurna?

Gak lah, trik ini masih ada batasannya juga. Pertama, trik ini hanya bisa dilakukan di whatsapp hp, tidak bisa untuk di whatsapp web. Kedua, trik ini hanya bisa dilakukan untuk pesan yang dikirim hingga maksimal 2 hari lalu (kemarin lusa). Selebihnya akan ditolak. Oh iya, saya sudah coba sendiri dan it’s work!

Advertisements