Hati-Hati Melintas Jalur Pantura Situbondo Jika Tidak Mau Seperti Ini!

Musim hujan menjadi mimpi buruk bagi pengguna jalan raya Pantura Jawa Timur, khususnya di wilayah Kabupaten Situbondo. Aspal banyak yang rusak menyisakan lubang-lubang jebakan betmen yang siap “melahap” roda motor para biker yang melintas. Alhasil, banyak velg motor menjadi korban ganasnya lubang pantura Situbondo.

Seperti yang diposting teman-teman biker di grup facebook Info Warga Situbondo, mereka membagikan penampakan velg motor yang penyok, peyang hingga pecah akibat melibas lubang di jalanan Pantura Situbondo. Sebulan terakhir memang cukup sering RA jumpai postingan keluhan teman-teman di grup IWS dengan menyertakan penampakan velg motor mereka yang penyok.

Makin ke sini, postingan senada lha koq makin sering. Akhirnya akun dengan nama Vhoed Mahfud Niy “merangkum” gambar-gambar velg penyok bin pecah yang diambilnya dari postingan di IWS. Lumayan juga ada sekitar 8 penampakan velg motor yang rusak, mulai dari velg variasi berukuran kecil hingga velg standar bawaan pabrik.

Memang, air hujan membuat aspal rusak ditambah instensitas kendaraan yang lewat padat serta tonase muatan yang overload makin mempercepat proses perusakan aspal. Akibatnya lubang dimana-mana dengan diameter kecil hingga besar, dari yang dangkal sampai dalam seukuran hampir separuh diameter roda. Hal tersebut makin diperparah dengan gaya berkendara yang main hajar saja saat melewati genangan air. Komplit…

So, buat teman-teman biker yang melintas di jalur Pantura Situbondo mulai dari ujung barat di perbatasan PLTU Paiton, Banyuglugur hingga memasuki Besuki, kemudian masuk wilayah wisata Pantai Pasir Putih, terus ke timur menuju monumen 1000 km Anyer-Panarukan, lalu Situbondo kota khususnya sejak masuk double way Karangasem hingga lampu merah perempatan GOR Baluran, lalu di jalur Kapongan hingga Asembagus dan terakhir hingga masuk alas Baluran, hati-hati karena di sanalah jebakan betmen itu bertebaran.

Lebih baik melintas pagi sampai sore, hindari malam hari karena keterbatasan pandangan. Selain itu, tidak usah gas pol, santai saja sehingga ada kesempatan untuk menghindari lubang. Jalur Pantai Utara (Pantura) Situbondo memang lagi parah-parahnya kerusakan yang dialami, terutama yang lajur kiri dari arah Surabaya-Bali sebab di lajur ini kendaraan-kendaraan besar menuju Bali tengah dalam kondisi fully loaded. Sebaliknya jalur ke arah Surabaya relatif lebih mulus aspalnya.

Berikut Penampakan Velg Motor Korban Ganasnya Lubang Pantura Situbondo:

Advertisements