Gerry Salim Gagal Ikut Red Bull MotoGP Rookies Cup 2018 Gara-Gara Hal Ini?

Kemarin, RA mengangkat kabar bakal bergabungnya pembalap Indonesia, Gerry Salim, ke ajang balap Red Bull MotoGP Rookies Cup untuk musim 2018. Memang belum resmi masuk daftar pembalap tetap, baru daftar sementara kandidat. Namun, nampaknya ada satu hal yang akan nampaknya menghambat bergabungnya Gerry dengan pembalap-pembalap muda potensial itu. Usia!

Red Bull MotoGP Rookies Cup merupakan ajang balap one make race dengan motor KTM yakni RC250R. Motor sama, spesifikasi sama, jadi murni skill pembalap dan mekanik yang menentukan. Spek RC250R adalah spek motor Moto3, karena memang balapan kadet ini disiapkan untuk mencetak pembalap masa depan MotoGP. Oleh karena bernama Rookies, maka Red Bull memiliki batasan usia untuk pembalap yang bergabung.

Di laman resminya disebutkan bahwa untuk musim balap 2018 ini, pembalap yang bisa bergabung di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2018 adalah pembalap dengan kelahiran antara 1 Januari 2001 hingga 31 Maret 2005. Atau dengan rentang usia 13-18 tahun. Lalu, berapa usia Gerry Salim?

Membaca profil pembalap kelahiran Surabaya di indonesiaracing.com (12/9/2017), agak disayangkan karena kelahiran Gerry adalah 19 April 1997! Di luar kriteria yang diinginkan Red Bull Rookies Cup. Jadi, bagaimana dong? Jika membaca karakter panitia balap kelas dunia, rasanya peraturan yang mereka buat akan bersifat mutlak. Mereka sangat disiplin soal regulasi, dengan kata lain kalau mereka maunya A ya kita harus A. Kecuali jika ada sesuatu yang sangat mendesak misalnya untuk menabrak aturan itu, tapi sangat jarang menemukan hal yang begitu, sebagaimana jarang menemukan aturan yang fixed di dunia balap Indonesia :D.

Jadi, Gerry gak bakal bisa ikutan dong? Ya kita tunggu sja konfirmasi dari pihak Red Bull setelah mereka merilis daftar tetap pembalap untuk musim 2018 atau konfirmasi dari pihak AHM dan AHRT sebagai tim yang menaungi Gerry. Tapi, andaikan Gerry gagal masuk Red Bull MotoGP Rookies Cup 2018, nampaknya AHM akan melabuhkannya di ajang yang tidak kalah bergengsi yakni CEV Repsol Moto3 Junior. Kalau ini peluangnya cukup besar, sebab di entry list pembalap CEV Moto3, tim AHRT masih belum merilis nama pembalapnya. To Be Announced (TBA) katanya.

Kita tunggu saja!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*