Yamaha Kenalkan Hyper Slaz Concept, Next Xabre?

ktm indonesia

Yamaha Xabre gagal memenuhi ekspektasi petinggi Yamaha. Penjualan motor bergenre street fighter ini tidak sesuai target penjualan yang telah ditetapkan Yamaha yakni 5 ribu unit perbulan. Dari otomania.com (30/1/2017) di tahun peluncurannya saja (2016), penjualan Xabre hanya mencapai 20 ribuan unit atau tidak sampai 2 ribu unit tiap bulannya. Yamaha sendiri bingung kenapa motor ini tidak begitu disukai konsumen. Padahal di Thailand, Xabre yang bernama Slaz justru favorit anak muda sana. Namun, nampaknya Yamaha tidak mau menyerah begitu saja.

Mereka memperkenalkan calon next Xabre. Yamaha Xabre Radikal Concept mulai diperkenalkan ke publik. Memang bukan di Indonesia melainkan di India, namun bolehlah kita menduga Xabre Radikal akan menjadi next update dari Xabre saat ini di pasar tanah air.

Bernama Yamaha Hyper Slaz Concept, Xabre di India hadir dengan tampang yang lebih bengis dan garang. Padahal, wujud asli Xabre saja sudah agresif banget!

Berdasarkan laporan Indianautosblog.com (15/2/2018), Xabre edisi radikal menampilkan desain dengan bodywork serba hitam dan aksen merah pada suspensi, dan sederet aksesori lainnya. Semakin menarik dengan wujud ekor menonjol dan sudah dibekali lampu LED.

Bagaimana cak, keren bukan? Kenapa Xabre kurang diminati padahal dari sisi tongkrongan sudah wow banget? Jawabannya mungkin lebih ke soal selera. Konsumen di Indonesia membeli motor sport 150 tidak pure untuk bergaya saja, masih terselip sisi kebutuhan harian di dalamnya. Termasuk membonceng pacar, ibu atau anggota keluarga lainnya. Sehingga, mereka lebih butuh motor model keren tapi tidak ekstrem.

Tahu sendiri Xabre modelnya bagaimana, sangat tidak bersahabat buat boncenger. Belum lagi di kelas yang sama ada Yamaha Vixion yang secara mesin sama dengan Xabre (hanya beda settingan) namun punya desain lebih bersahabat dan tentunya harga jauh lebih murah. Intinya, tidak ada yang spesial dari Xabre di sisi mesin selain harganya yang mahal.

Advertisements