Rossi: Sumber Masalah Yamaha adalah Magneti Marelli!

Valentino Rossi kuatir dengan performa Yamaha dalam menggarap sisi elektronik YZR-M1. Sehingga dirinya mengaku pesimis dengan adanya masalah tersebut. Alhasil, Rossi tidak optimis dengan seri awal MotoGP 2018 dan berharap Yamaha bisa segera mengatasi masalah tersebut. Magneti Marelli buat Yamaha bermasalah.

Pada hari pertama tes MotoGP Thailand, Rossi mengaku masalah yang dialaminya di musim 2017 kembali dirasakannya yakni kurangnya feeling terhadap sasis dan akselerasi motor. Menurutnya, Yamaha mengalami masalah vital sejak Dorna membuat regulasi satu pemasok ECU yakni Magneti Marelli tahun 2016 silam. Rossi menganggap Honda dan Ducati lebih smart menghadapi regulasi baru tersebut.

“Ketika kami beralih ke Magneti Marelli (kontrol perangkat lunak/software), bagi saya, kami memiliki beberapa masalah. Bagi kami, (elektronik Magneti Marelli) sulit dipahami. Honda dan Ducati mengerti sesuatu, yang tidak bisa kami pahami,” ungkap Rossi seperti dikutip dari motorsport.com (16/2/2018).

Rossi berharap Yamaha bisa segera menemukan solusi di sisi elektronik M1 ini, sebab menurut Rossi memperbaiki sisi elektronik jauh lebih singkat daripada memperbaiki mesin atau sasis misalnya sebab masalah elektronik bisa diatasi dengan ‘hanya’ angka.

Walau mengaku masalah belum lepas semua, namun Rossi merasa motor tahun 2018 ini masih lebih baik dari edisi 2017. Lebih mendekati performa motor 2016.

Tes hari pertama sendiri akhirnya diselesaikan Rossi dengan menempati posisi kedelapan terpaut 0,392 detik dari sang leader, Cal Crutchlow. Gara-gara Magneti Marelli, Yamaha Menderita Sejak 2016 lalu.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*