Tes MotoGP Thailand 2018: Dominasi Honda RC213V Hingga Ramai “Ngakali” Winglet!

Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Chang, Buriram Thailand telah usai. Tes yang berlangsung selama tiga hari menghadirkan sejumlah catatan penting sebelum memasuki pertarungan sesungguhnya di Qatar pertengahan bulan depan.

Pertama, Honda selalu menjadi motor tercepat di tiga hari tes Thailand ini. Hari pertama RC213V yang ditunggangi Cal Cruthclow menjadi yang terkencang. Hari kedua, giliran RC213V bernomor 93 yang melaju paling cepat, bahkan menjadi pembalap pertama yang menembus limit 1m 30s. Hari terakhir menjadi milik Dani Pedrosa. RC213V bernomor 26 sukses mengikuti jejak Marquez menembus limit 1m 30s!

Kedua, Dani Pedrosa menjadi “juara” pada tes Buriram, Thailand tahun ini. Best laptime Pedrosa adalah 1m 29,781s yang diraihnya di hari terakhir.

Ketiga, Rookie terbaik di tes pramusim kali ini adalah Takaaki Nakagami. Pembalap Jepang dari tim LCR Honda Idemitsu menempati posisi ketujuh di hari terakhir dengan 1m 30,456s. Overall, Nakagami berada di posisi ke-10 dari kombinasi waktu tercepat tes Buriram mengalahkan rookie yang paling diunggulkan, Franco Morbidelli yang hanya menempati posisi 13!

Keempat, Johann Zarco menjadi pembalap tim independen terkencang. Catatan waktunya hanya kalah dari Dani Pedrosa yang menjadi pembalap tercepat di Buriram kali ini. Dengan 1m 29,867s, Zarco (posisi 2) bahkan jauh meninggalkan pembalap pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang hanya di posisi 8 dan 12!

Kelima, Hanya ada 3 pembalap yang sukses mencatat best laptime di bawah 1m 30s yakni Marc Marquez di hari kedua, Dani Pedrosa sebagai yang terkencang dan Johann Zarco pembalap tim independen tercepat. Ketiganya mencatat waktu 1m 29s. Pedrosa pertama, Zarco kedua dan Marquez ketiga.

Keenam, “new winglet” kembali bertebaran. Aero Fairing, beberapa tim melakukan inovasi menciptakan penambah downforce bagian depan motor itu. Ducati menjadi pioner, diikuti Honda, Yamaha, Suzuki, Aprilia, KTM dan bahkan oleh tim-tim independen. Para insinyur tim seolah terus mencari cara “ngakali” aturan larangan winglet yang berlaku sejak tahun lalu. Tinggal kita tunggu di seri perdana Qatar bulan depan, akankah aero fairing-aero fairing itu akan mereka gunakan di balapan resmi.

Ketujuh, Informasi mengenai Sirkuit Internasional Chang untuk MotoGP akhirnya terkuak. Sebelum tes kali ini, di laman resmi MotoGP, informasi resmi Sirkuit Chang masih kosong. Panjang sirkuit adalah 4,554 km atau di motogp.com (18/2/2018) disebut 4,6 km atau 2,83 mil. Total ada 12 tikungan dengan kombinasi 7 ke kiri dan 5 ke kanan. Lebar lintasan mencapi 12 meter dengan straight terpanjang adalah 1000 meter alias 1 km! Selain itu, para pembalap MotoGP akan melahap 26 lap saat berlaga bulan Oktober mendatang. Moto2 24 lap dan Moto3 22 lap!

Sesi tes pramusim tinggal menyisakan satu kali lagi yakni 1-3 Maret di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Bisa dipastikan saat itu tim-tim akan menentukan final set up motor-motor yang akan digunakan untuk race pertama di tempat yang sama, 18 Maret 2018! Tak sabar menunggu 30 hari lagi menuju pembukaan MotoGP 2018!

Siapa Jagoanmu, cak?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*