Pihak Yoshimura Akhirnya Angkat Suara, Mengejutkan!

Perkembangan kasus knalpot palsu di launching Honda New PCX 150 makin ruwet dan memalukan. Kali ini klarifikasi dari pihak knalpot Yoshimura sudah muncul. Jawabannya makin menyudutkan pihak modifikator dan tentu saja AHM sebagai penyelenggara acara.

Usai Sphinx Motorsport selaku distributor resmi knalpot buatan Slovenia merk Akrapovic mengatakan bahwa knalpot Akrapovic di New PCX 150 Custom adalah palsu, seperti pernyataan di bawah ini:

Kami selaku distributor Resmi Akrapovic di Indonesia menyatakan bahwa knalpot yg digunakan saat launching New Honda PCX 150 oleh AHM Indonesia ini adalah BUKAN produk asli Akrapovic – Made in Slovenia…

www.sphinxmotorsport.com
Email: info@sphinxmotorsport.com

Kemudian pihak AHM mengklarifikasi melalui Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT. Astra Honda Motor (AHM).

Terima kasih untuk informasi yang disampaikan. Dalam modifikasi All New Honda PCX, semua part kami asli, termasuk knalpot Yoshimura. Sayangnya dalam pengerjaannya, terjadi kesalahan pemasangan emblem. Tim teknis kami memasang emblem Akrapovic yang seharusnya tidak dipasang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, terutama untuk Sphinx Motorsport sebagai distributor resmi Akrapovic.

Nah, ternyata masalah belum usai. Walau pihak modifikator dalam hal ini Baru Motorsport telah resmi mengeluarkan pernyataan permohonan maaf, ternyata bunyi pernyataan tersebut justru memantik pihak lain yang secara tidak langsung dilibatkan mengeluarkan pernyataan resmi. Berikut surat pernyataan Ariawan Wijaya selaku owner bengkel modifikasi BMS, mitra AHM:

SURAT PERNYATAAN
Kami yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Ariawan Wijaya
Jabatan : Pemilik bengkel modifikasi Baru Motor Sport (BMS)
Alamat : Jl. Palmerah Barat No.25, Jakarta Barat

Dengan ini kami menyatakan mengenai isu permasalahan yang sedang viral di beberapa media online dan sosial media mengenai knalpot Akrapovic yang digunakan di salah satu unit modifikasi pada saat launching All New PCX adalah murni atas kesalahan dan kelalaian kami dari pihak modifikator pada pemasangan emblem dengan logo Akrapovic.

Melalui surat ini kami menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan merupakan kesalahan PT. Astra Honda Motor, selaku client kami, akan tetapi ketidaksengajaan dan kelalain dari pihak kami. Untuk itu kami dari pihak yang melakukan pekerjaan atas motor modifikasi tersebut mohon maaf sebesar-besarnya kepada pihak PT. Astra Honda Motor dan pihak lain yang dirugikan atas kejadian ini. Selanjutnya kami dari pihak modifikator berjanji untuk tidak akan mengulangi kesalahan ini kembali. Terima kasih atas perhatian dan pengertiaannya.

Ariawan wijaya
Baru Motor Sport

Seperti yang disebutkan di atas, ada satu pihak lagi yang patut disebut sebagai korban kelalaian pihak AHM dan BMS yakni merk dagang Yoshimura. Benarkah knalpot yang dipasang di New PCX Custom itu hanya sekedar salah pasang emblem dari seharusnya merk Yoshimura menjadi Akrapovic? Benarkah itu knalpot Yoshimura R11 original seperti yang diakui pihak AHM dan BMS? Dalam perkembangannya, pihak Yoshimura akhirnya angkat suara. Mereka membantah bahwa R11 yang dipasang di New PCX Custom adalah knalpot original mereka. Dengan kata lain, itu adalah Yoshimura palsu! Ruwet…

Dikutip dari permanatriaz.com (20/2/2018) pihak Yoshimura melalui Don Frazen selaku Sales Representative Yoshimura R & D of America Inc menyebut bahwa knalpot di New PCX 150 merupakan replika Yoshimura R-11. Bukan produk asli dari Yoshimura.

Wow… Akrapovic bukan, Yoshimura juga bukan, trus knalpot apa gerangan yang nemplok di New PCX Custom saat launching motor tersebut di Jakarta lalu? Sangat disayangkan sekelas AHM bisa melakukan kekonyolan ini. Apapun pembelaannya, yang telah mereka lakukan adalah ridiculos! Padahal andaikan sejak awal kasus ini ramai mereka mengakui bahwa itu memang knalpot palsu, tidak menyeret pihak-pihak lain dalam pernyataannya, mungkin masalah tidak akan seruwet ini.

Nampaknya ada pepatah yang sesuai dengan kondisi di atas, kebohongan akan melahirkan kebohongan-kebohongan lainnya hanya agar terlihat tidak berbohong!

Silahkan saja beropini bahwa itu kesalahan modifikator, itu bukan kesalahan AHM, tapi semua fakta di atas bisa membuat sampeyan semua menilai, pihak mana yang benar dan pihak mana pula yang ceroboh. Tidak usah mengubah alur cerita dan fakta dengan menyerang balik dan menyebut banyak yang menggoreng isu ini sebagai barisan sakit hati dengan AHM atau Honda, sebab bukan itu poinnya!

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.