Mau “Paksa” Honda Masukkan CB150R Exmotion? Belilah CB150 Verza atau Xabre, Lho?

ktm indonesia

Ketika CB150V alias CB150 Verza dirilis, ada sedikit kekecewaan yang muncul. Kekecewaan ini bukan soal tidak suka atau tidak jadi beli, tapi seperti kalimat “yah… koq ini sih”. Bukan tanpa sebab, kita disuguhi sebuah penampakan motor yang digadang-gadang akan menjelma menjadi Next Verza, yakni CB150R Exmotion di Thailand tahun lalu. Ditambah penampilan renderan Next Verza ala mas joe Motoblast, makin tinggi harapn bahwa Verza akan jadi “perfect”. Tapi, kenyataannya adalah CB150 Verza yang keluar. Pertanyaannya adalah kenapa bukan CB150R Exmotion?

Selidik punya selidik dari blog “besar” mas Alki Rahmatullah, indoride.com (21/2/2018) kita jadi tahu jawaban pertanyaan itu. Intinya adalah Honda (baca AHM) tidak menutup mata untuk menghadirkan CB150R Exmotion di tahun-tahun mendatang. Hanya, fokus mereka saat ini adalah memenuhi keinginan konsumen yang ingin motor sport macho, keren dan nyaman digunakan harian namun tetap dengan harga terjangkau (silahkan kalau ini diartikan sebagai murah).

Nih, RA copas langsung dari blognya beliau:

“Tentunya kami selalu memikirkan dan membuat apa yang menjadi keinginan konsumen. Kami selalu mendengar dan berusaha mewujudkannya. Untuk saat ini, project tersebut masih kami pikirkan. Untuk itu (Re : CB150R Exmotion Lokal) mungkin akan kami teliti lebih lanjut lagi, apakah sesuai dengan kemauan konsumen. Kita lihat juga nanti bagaimana respon pasar terhadap Verza terbaru ini. Jika bagus, mungkin akan kami pertimbangkan.” (ini pernyataan Isitiyani dari AHM).

Nah, menurut RA sih AHM itu bukanlah pabrikan bertipe trend setter pasar motor. Dengan kata lain harus kita akui bahwa AHM itu bertipe follower dengan filosofi ATM-nya itu (tahu lah ya apa itu ATM). Jadi, mereka lebih bermain aman, karena bagi leader marketshare buat apa membuka atau mengambil resiko buka kelas baru namun tidak laku. Beda dengan pabrikan yang lebih kecil, untuk menjaga eksistensinya mereka harus putar otak bagaimana caranya menghindari head to head dengan si penguasa.

CB150R Exmotion

Apalagi bisa kita lihat di segmen yang mirip-mirip dengan CB150R Exmotion, ada Yamaha Xabre di sana yang bisa dibilang tidak mampu bersinar. Makin ogah AHM untuk menurunkan senjatanya di segmen ini.

Ada cara untuk “memaksa” AHM merilis CB150R Exmotion seperti yang diungkap di atas yakni belilah CB150 Verza! Kalau si Verza baru ini laris manis, maka CB150R Exmotion akan ada di perjalanan menuju kemari. Atau, cara kedua belilah Xabre! Xabre laris, marketsharenya membengkak, maka Honda tentu akan melirik pesaing Xabre ini, siapa lagi kalau bukan CB150R Exmotion.

Kira-kira begitu menurut RA sih, tapi ya abaikan sajalah, bukan siapa-siapa hahahaha… btw, Good Job, bro Alki buat pertanyaannya!

Advertisements