Cerai Dengan Tech 3, Yamaha Diincar Dua Tim Satelit Ducati Ini!

ktm indonesia

Dua tim satelit Ducati, Avintia Racing dan Angel Nieto Team memyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan Yamaha menggantikan posisi Tech 3. Namun, hingga kini belum ada keputusan dari pabrikan garpu tala tentang pengganti Tech 3 musim mendatang.

Yamaha dan Tech 3 telah mengumumkan perpisahan mereka kemarin. Kerjasama mereka akan berakhir di akhir musim 2018 ini. Selanjutnya musim 2019 masih belum diputuskan akan berlabuh kemana Tech 3, pun demikian dengan Yamaha akan menggaet tim mana di musim depan.

Yamaha punya dua opsi sebenarnya yakni membiarkan slot tim satelitnya kosong musim depan dan musim 2020 baru kemudian menggaet tim satelit baru di musim 2021, dimana untuk tim baru ini tidak lain adalah Sky VR46 Team karena faktor Rossi disana. Sebagai informasi, Dorna belum mengijinkan kehadiran tim satelit baru hingga musim 2021 nanti.

Opsi kedua adalah segera menggaet tim satelit baru. Nah, seperti di pembuka artikel ini, ada dia tim satelit yang sudah terdaftar saat ini yang ingin bergabung dengan Yamaha. Avintia Racing dan Angel Nieto Team sepertinya sudah ngebet untuk keluar dari Ducati dan bergabung dengan tim pabrikan lainnya.

Hal itu tidak lain karena mereka memang bukan menjadi tim satelit utama Ducati seperti halnya Pramac. Dan, di Yamaha mereka akan naik status menjadi tim satelit utama, walaupun Yamaha sendiri punya kebijakan, motor tim satelit mereka adalah YZR-M1 yang telah berusia 1 tahun.

Namun, keinginan dua tim satelit Ducati itu nampaknya juga harus bersaing dengan rumor yang beredar selama ini bahwa akan ada satu tim satelit Honda yang akan cerai dan bergabung ke Yamaha, yaitu Marc VDS. Walau mereka tim satelit baru, namun peluang untuk bergabung dengan si biru terbuka lebar. Satu faktornya adalah keberadaan Franco Morbidelli. Dia adalah rider VR46 Academy yang notabene adalah murid Rossi, kita semua mafhum bahwa Yamaha punya ikatan emosional yang kuat dengan Rossi.

Jadi, siapa yang akan diikat Yamaha musim depan? Avintia Racing, Angel Nieto Team atau bahkan Marc VDS? Kita tunggu saja. Yang jelas dua tahun ke depan tidak akan ada tim satelit baru di MotoGP, kecuali jika Sky VR46 Team ngebet maka ia harus membeli lisensi tim satelit yang sudah eksis agar bisa segera eksis di kelas premier.

Advertisements