Calon Penantang Yamaha XMax 250 Terdeteksi Young Machine!

ktm indonesia

Yamaha nampaknya harus mulai melupakan rasa nyaman bertarung sendirian di kelas maxi skutik. Setelah kini NMax 155 mendapat pesaing dari Honda New PCX150, tak lama lagi sang ‘kakak’ XMax 250 juga akan segera mendapatkan lawan sepadan. Dia adalah Honda Forza 250! Indikasinya adalah kemunculan si maxi Honda itu di cover majalah otomotif asal Jepang, Young Machine. Tanda-tanda nih…

Young Machine merilis cover versi cetak mereka untuk edisi (entah edisi kapan, tidak bisa baca tulisannya heheheh…) dengan gambar utama penampakan lima motorsport seperempat liter, dua New Ninja 250FI dan masing-masing satu CBR250RR, Ninja 250 dan YZF-R25. Namun, di pojok kiri atas ada penampakan sebuah maxi skutik dengan tulisan SCOOP, Honda Forza 250! Wah, inikah calon lawan dari Yamaha XMax 250? Bisa jadi.

Bukan rahasia lagi jika selama ini Honda (baca AHM) selalu mengekor Yamaha, terutama di segmen maxi skutik terjangkau. Seperti disebutkan di atas, New PCX 150 akhirnya hadir berkat gemilangnya penjualan Yamaha NMax 155. Padahal Honda sudah lebih dulu menghadirkan PCX 125 kemudian diganti PCX 150 namun masih CBU sehingga harga jualnya ‘kurang ajar’. Tidak ada tanda-tanda mereka akan melokalkan PCX sebelum akhirnya Yamaha ‘membuka jalan itu’ dengan menelurkan NMax. Dan ke depan, hal serupa bukan tidak mungkin akan kembali terjadi di kelas 250 cc.

Tanda-tandanya mirip dengan kasus NMax. XMax 250 saat ini larisnya tak ketulungan. Bahkan, marketshare-nya konon kabarnya memakan marketshare motorsport 250cc yang makin hari terus menyusut penjualannya. Alhasil, ketika New Ninja 250 dan CBR250RR bertarung menjadi yang terlaris, XMax 250 sudah lebih dulu di depan. So, melihat ‘kue lezat’ ini mana mungkin Honda akan berdiam diri. Like as usually!

Dan, dimuatnya gambar Honda Forza 250 di Young Machine menjadi pertanda awal masuknya si maxi skutik Honda itu ke tanah air. Bukan rahasia lagi jika selama ini gosip motor baru ketika sudah masuk radar Young Machine, kebenarannya mendekati 100%.

Apalagi bagi Honda, menghadirkan skutik 250cc bukanlah perkara sulit. Mereka sudah punya skutik serupa di Eropa bernama Forza 125 atau Forza 300 (PCX 300), jadi jika mereka mau maka Forza 150 hanya tinggal ‘fotocopy’ saja ke Indonesia. AHM akan melokalkannya agar harga jualnya bisa bersaing dengan XMax di kisaran Rp55-60 juta. Bersiaplah!

Advertisements

1 Comment

  1. klau saya gak salah, project motor d atas d garap oleh @h@em pk ra, bhkan aroma metik bongsor d atas udah tercium mulai thun kemarin,… desain dan mesin ny benar2 all new dan tidak mirip dengan forza125(tpi aura ny ada),…

Comments are closed.