Jack Miller Menemukan Kenyamanan di Ducati! Pantesan Pindah…

ktm indonesia

Jack Miller digadang-gadang akan menjadi salah satu pembalap Repsol Honda MotoGP di masa mendatang. Skill dan performanya membawanya dikontrak oleh HRC dan kemudian disekolahkan ke tim satelit mereka. Namun, ternyata Honda harus kehilangan pembalap Australia itu musim ini setelah memutuskan bergabung dengan tim satelit Ducati, Pramac. Dua kali sesi tes pramusim, Miller akhirnya punya penilaian soal tim barunya ini!

“Dalam empat tahun terakhir, saya tidak berpikir akan merasa senyaman ini,” tukas Miller dari motorsport.com (23/2/2018). “Mampu melakukan hal-hal yang bisa saya lakukan. Saya belum pernah bahagia atau percaya diri seperti ini saat berkendara sejak saya berada di Moto3″.

Ada makna tersirat dari pernyataan Miller di atas. Pertama, Ia telah merasa nyaman di Pramac. Setelah diusut, kenyamanan yang didapatkan Miller ini dikarenakan perhatian Ducati sebagai pabrikan induk yang mau menerima masukan dari pembalap tim satelitnya.

“Sangat menyenangkan memiliki dukungan dan seluruh orang di pabrikan memiliki kepercayaan itu kepada Anda. Saya menemukan komentar saya dipahami benar-benar. Sangat cepat sekarang. Kami dapat mengubah motor dengan sangat cepat, karena memiliki waktu dengan kepala mekanik (Cristhian Pupulin),” ungkap Miller.

Kedua, ketika Ia menyebut baru mendapat kenyamanan sejak di Moto3, maka itu berarti Miller tidak mendapatkannya di tim-tim sebelumnya. Miller melakukan debut MotoGP tahun 2015 saat direkrut HRC dan disekolahkan di LCR Honda. Semusim kemudian Ia dipindah ke Marc VDS hingga tahun lalu. Apakah itu berarti di LCR dan Marc VDS, Ia tidak mendapatkan apa yang diperolehnya di Pramac musim ini? Yakni soal penerimaan masukan oleh tim induknya? Logikanya sih begitu kalau membaca komentar-komentar dia di atas.

Performa Miller dalam dua sesi tes pramusim lalu begitu mengesankan. Ia mampu bersaing di jajaran pembalap terdepan. Paket Desmosedici GP17 yang didapatnya terasa menyatu dengan style balapnya. Ia kini mulai diperhitungkan dalam pertarungan podium MotoGP.

Pada tes pramusim pertama tahun ini di Sepang, Miller sangat stabil di barisan depan. Ia selalu menempati posisi kelima dari 3 hari tes dengan catatan waktu selalu meningkat.

Day 1: 2m 00,178s
Day 2: 1m 59,509s
Day 3: 1m 59,346s

Kemudian, di Buriram, Thailand lalu bahkan Miller mampu menembus top 3 di hari kedua tes mengalahkan para pembalap Ducati lainnya, termasuk Dovizioso dan Lorenzo.

Day 1: 1m 31,044s
Day 2: 1m 30,185s
Day 3: 1m 30,190s

Miller meraih kemenangan pertamanya di MotoGP tahun 2016 silam di Belanda dalam sebuah balapan crowded akibat hujan yang turun di Assen. Itu adalah capaian terbaik Miller sejauh ini. Namun, jika ukurannya klasemen, maka musim lalu bersama Marc VDS adalah musim terbaiknya. Ia menempati posisi 11 di klasemen akhir dengan 82 poin.

Advertisements