Ganteng Mana, PCX vs New PCX dan NMax vs New PCX?

Membandingkan antara dua motor, baik se-merk maupun beda merk selalu menarik. Kita bisa membedakan langsung keduanya, bisa sedikit memahami karakter desain keduanya hingga akhirnya akan mendapatkan kesimpulan, ganteng mana! Walau hal terakhir itu relatif, tapi tiap individu akan mendapatkan kesimpulan itu di akhir penilaiannya. Nah, di bawah ini rideralam.com iseng-iseng mengulas perbandingan antara dua motor sejenis, beda masa dan dua motor sekelas, beda merk. Cekidot…

PCX vs New PCX

Dua motor ini sejenis dan se-merk yakni sama-sama besutan Honda. Yang satu impor dari Vietnam, yang lainnya produksi Honda Indonesia (baca AHM). Foto RA dapatkan dari mamang Aditya Ardiwinata yang tak lain adalah editornya Gridoto.com melalui akun facebooknya. Tenang, RA sudah ijin nyolong fotonya hahahahanuhun mang!

Oke, kita perhatikan penampakan PCX dan New PCX berikut:

Seperti saudara kembar bukan? Iya dong sebab New PCX memang mengambil garis desainnya dari PCX. Tidak heran kalau mirip. Perhatikan bagian bodi depan keseluruhan, lekuk tebeng, hingga penempatan headlamp sangat mirip. Perbedaan hanya pada bagian garis headlampnya. Yang New PCX lebih variatif dengan adalanya ‘alis’ yang menjadikannya lebih manis. Headlamp PCX lebih simpel tanpa ornamen sana-sini.

Kemudian bagian dek kaki, ada sedikit bodi warna putih di bagian bawah, dan keduanya serupa. Untuk visor ada perbedaan. Visor PCX lebih kaku, sedangkan visor New PCX lebih manis dengan sedikit lekukan sederhana di bagian tengah. Desain jok juga nampaknya serupa, perbedaan bisa jadi tidak terlalu ekstrem. Lalu, bagaimana dengan dimensinya?

Dimensi PxLxT
PCX 1.917 x 738 x 1.094 mm
New PCX 1.923 x 745 x 1.107 mm

Jarak Sumbu Roda
PCX 1.315 mm
New PCX 1.313 mm

Ground Clearance
PCX 140 mm
New PCX 137 mm

Bobot
PCX 129 kg
New PCX 131 kg (CBS)

Ban
PCX depan 90/90; belakang 100/90
New PCX depan 100/80; belakang 120/70

Kapasitas Tangki
PCX 5,9 liter
New PCX 8 liter

Fixed, New PCX lebih gede dibanding versi lawasnya. Ganteng mana? New PCX lebih manis, PCX lebih simpel.

NMax vs New PCX

Nah, kalau perbandingan ini beda merk, tapi sekelas dan sangat berpotensi terjadi adu b*ego para fansboy hahahhaha

Konsep desain keduanya sangat bertolak belakang. NMax yang lebih dulu hadir membawa konsep sporty (padahal dibanding maxi Yamaha lainnya, NMax ini berkonsep elegan) dibanding New PCX yang lebih terlihat elegan dan mewah. Ibarat cewek, NMax ini atlet lari, New PCX ini miss universe. Memang tidak pas buat dibandingkan, soal selera ini mah.

Jika dilihat sepintas dari foto di atas, rasanya New PCX jauh lebih besar dari NMax, padahal jika melihat spesifikasi dimensi terlihat bahwa NMax lebih panjang dan lebih tinggi, namun lebih lebar New PCX. Dan, gara-gara foto di atas yang tidak sejajar posisi NMax dengan New PCX nya, jadi rame komentar para pembela kubu masing-masing. Lucu…

Dimensi PxLxT
NMax 1.955 x 740 x 1.115 mm
New PCX 1.923 x 745 x 1.107 mm

Jarak Sumbu Roda
NMax 1.350 mm
New PCX 1.313 mm

Ground Clearance
NMax 135 mm
New PCX 137 mm

Bobot
NMax 127 kg
New PCX 131 kg (CBS)

Ban
NMax depan 110/70; belakang 130/70
New PCX depan 100/80; belakang 120/70

Kapasitas Tangki
NMax 6,6 liter
New PCX 8 liter

Jadi, ganteng mana? RA sih jelas pilih NMax, cak. Di rumah punya Genza sih hehehehe… sekali lagi ini soal selera!

Advertisements

1 Comment

  1. wkwkw kalo saya sih pilih mx king cak,adanya itu disyukuri ae.. ahahah, btw memang desain honda lebih dinamis sih, cuma gtr yang agak wagu..

Comments are closed.