Suzuki Ngebet Ingin Punya Tim Satelit Tahun 2019, Tech 3?

ktm indonesia

Cak, kabar terbaru menyebutkan kalau Suzuki lagi ngebet untuk punya tim satelit. Tambahan data menjadi tujuan antara demi pengembangan GSX-RR yang lebih baik. Suzuki menargetkan musim 2019 telah mendapatkan apa yang diinginkannya.

Sebenarnya keinginan Suzuki ini bukanlah datang tiba-tiba. Performa sangat buruk musim lalu dimana dua pembalapnya tidak ada satupun yang mencapai podium telah membuka mata Davide Brivio bahwa mereka butuh motor ketiga dan keempat. Lalu, pertanyaan selanjutnya tim mana yang bisa diajak kerjasama?

 

Jika targetnya 2019, maka Suzuki jelas harus mengambil tim satelit pabrikan lain untuk bergabung. Sebab, Dorna telah menutup rapat masuknya tim satelit baru ke MotoGP setidaknya hingga tahun 2021. So, siapa?

Paling mentereng tentu saja Tech 3 yang baru saja resmi mengumumkan perceraiannya dengan Yamaha. Tech 3 menjadi tim satelit paling mapan, sejak dulu bahkan hingga musim kemarin. Namun, akankah Tech 3 mau bergabung dengan tim yang motornya belum bisa kompetitif? Lagipula, apakah Suzuki punya dana untuk itu? Belum lagi rumor akan bergabungnya tim milik Herve Poncharal ke pabrikan kaya dari Austria, KTM. Sebaiknya Suzuki beralih ke tim satelit lain.

Ada tiga tim satelit lain yang punya peluang digaet. Pertama adalah dua tim satelit Ducati, Avintia Racing dan Angle Nieto Team (sebelumnya bernama Aspar Team). Avintia dan Nieto team telah menyatakan keinginannya untuk keluar dari Ducati. Suzuki bisa mengambil kesempatan ini untuk menggaet salah satunya. Sebelumnya, Avintia dan Nieto team tertarik untuk menggantikan posisi Tech 3 di Yamaha. Namun, jika Suzuki bisa meyakinkan salah satunya, bukan tidak mungkin akan bisa digaet.

Kedua adalah tim satelit Honda, Marc VDS. Juru bicara Marc VDS menyatakan akan bekerjasama dengan tim yang memberikannya komitmen jangka panjang.

“Yang kami inginkan adalah keterikatan kami pada pabrikan yang menawarkan proyek jangka panjang,” ungkap juru bicara dari Marc VDS seperti dikuti dari motorsport.com (27/2/2018).

Tentu saja ini kondisi yang ideal bagi Suzuki dalam pengembangan GSX-RR. Kerjasama jangka panjang, seperti Yamaha dan Tech 3 selama 20 tahun, akan menghasilkan data yang berkesinambungan. Muaranya jelas pengembangan motor bisa direncanakan dengan matang.

Lalu, siapa yang akan dipilih dan memilih Suzuki? Kita tunggu dalam beberapa minggu ke depan cak. Sebab, Brivio mengisyaratkan hal tersebut akan rampung dalam beberapa minggu ke depan.

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.