Tes Qatar: Rekor Suzuki, Nakagami Masih Terbaik!

Hari kedua tes pramusim MotoGP Qatar mirip dengan hari pertama. Para pembalap baru keluar lintasan setelah 2 jam sesi dibuka. Di akhir sesi, Andrea Iannone membawa Suzuki pertama kalinya memimpin sesi pramusim, sedangkan Marc Marquez terjatuh sama halnya dengan dua pembalap Pramac, Jack Miller dan Dani Petrucci.

Jorge Lorenzo menjadi satu-satunya pembalap yang mencetak waktu di satu jam pertama sesi. Ia mencatat 1:56,745 untuk memimpin sesi. Namun, ketika banyak pembalap mulai keluar ‘sarangnya’, laptime Lorenzo dipertajam. Adalah Andrea Dovizioso dengan 1:55,428 yang melakukannya dan sekaligus memimpin sesi di 4 jam pertama.

Namun, Andrea Iannone sempat melesat ke depan untuk memimpin sebelum kembali dipertajam Dovi dengan 1:54,627. Ketika sesi akan berakhir dalam 18 menit, tiba-tiba GSX-RR #29 melaju kencang dan mencetak best lamptime 1:54,586 atau hanya 0,041 detik di depan Dovi. Hasil yang dicetak the maniac tidak mampu dipertajam pembalap lain sampai akhir sesi sekitar pukul 01.00 wib. Iannone membawa Suzuki pertama kalinya memimpin sesi tes pramusim. Status pabrikan dengan konsesi atau keistimewaan bikin Suzuki punya ruang lebih untuk improve.

Marc Marquez yang sempat crash saat menguji fairing barunya masih mampu berada di posisi ketiga dengan 1:54,753. Ia mengungguli Johann Zarco yang makin nyetel dengan M1 dan Alex Rins di top 5. Cal Crutchlow menjadi pembalap LCR terkencang disusul Maverick Vinales di posisi kerujuh dan duo Pramac Petrucci dan Miller ditempat delapan dan sembilan. Slot top 10 terakhir menjadi milik Dani Pedrosa. Kemana Rossi?

Hanya di posisi ke-11. Yamaha nampaknya tidak senyaman di hari pertama. Improve-nya tidak banyak bisa dilihat dari catatan waktu Vinales dan Rossi. Nampaknya jika Yamaha tidak segera tune in, bukan tidak mungkin musim 2018 ini mereka akan menjadi tim pabrikan ketiga di belakang Honda dan Ducati atau bahkan di belakang Suzuki.

Di jajaran Rookie, lagi-lagi Takaaki Nakagami menjadi yang terbaik. Ia berada di posisi 13, bahkan tepat di depan Lorenzo. Sepertinya apa yang dikatakan Marquez memang benar soal Nakagami ini. Nakagami mengalahkan raihan Franco Morbidelli yang hanya di posisi 19, Hafizh Syahrin (20), Tomas Luthi (21) dan Xavier Simeon (22).

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*