Rekap Tes Pramusim MotoGP Qatar 2018: Zarco Tercepat, Rossi Improve Banget!

Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco keluar sebagai pembalap tercepat di hari terakhir tes pramusim MotoGP di Sikuit Losail, Qatar (4/3/2018). Hasil hari ketiga tersebut sekaligus membawa eks dua kali juara dunia Moto2 itu sebagai pembalap tercepat dari hasil kombinasi tiga hari tes. Modal bagus bagi Zarco menghadapi seri pembuka di tempat yang sama dua pekan mendatang.

Secara umum, hasil tes hari ketiga atau sesi 3 menggambarkan hasil akhir kombinasi 3 hari tes. Zarco diikuti Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso menguasai top 3 best laptime tes Qatar 2018.

Day 1

Di hari pertama tes, para pembalap masih belum terlalu panas. Hal itu bisa dilihat dari daftar catatan waktu. Pembalap tercepat sesi ini, Maverick Vinales bahkan ‘hanya’ mencatat waktu 1:55,053. Catatan waktu ini hanya menempati posisi ke-12 jika digabung ke hari ketiga. Dovizioso dan Iannone di top 3. Hasil bagus buat Suzuki dan Iannone setelah ancur-ancuran musim lalu.

Johann Zarco di posisi keempat sekaligus isyarat awal motor #5 punya potensi untuk memberikan kejutan di sesi tes pramusim Qatar ini. Sementara itu, sang juara bertahan hanya berada di posisi 10. Marquez mengaku memang kerap kesulitan di Losail ini, terbukti di hari kedua dan ketiga spaniard 25 tahun itu tidak juga menjadi yang terdepan.

Day 2

Kejutan Suzuki terus berlanjut. Tidak disangka-sangka, lewat Iannone, Suzuki keluar sebagai yang tercepat di sesi ini. Motor #29 mampu melaju kencang dengan best laptime 1:54,586. Sang partner, Alex Rins juga impresif dengan menempati posisi kelima terpaut 0,381 detik dari The Maniac.

Di sesi kali ini duo Yamaha Movistar terpuruk. Vinales ketujuh, Rossi ke-12. Hasil minor ketika sang pembalap satelitnya, Johann Zarco ada di posisi 4. Sementara itu, Marquez dan Pedrosa meraih hasil berbeda. Marquez tercepat ketiga, Pedrosa ke-10. Sesi 2 juga ditandai performa stabil Dovizioso yang lagi-lagi berada di posisi runner up. Desmosedici GP18 di bawah kendali Dovi adalah yang terbaik, bahkan dibanding seorang Lorenzo.

Day 3

Para pembalap rata-rata sudah mulai finalisasi set up motor untuk race perdana. Tidak heran jika lap time yang dicapai rata-rata meningkat pesat. Di sesi ini akhirnya Zarco yang terbaik. Zarco terkencang diikuti Rossi dan Dovi. Improve Rossi luar biasa, Dovi masih konsisten dan stabil.

Iannone absen di sesi ini dikarenakan sakit, sungguh disayangkan sebab Italiano itu tengah on fire di tes Qatar ini. Sebagai catatan, Iannone ada di posisi ketiga di hari pertama dan tercepat di hari kedua. Sayang banget, tapi beruntung tidak kejadian pas balap beneran.

Sesi ini juga menandakan improve luar biasa dari Yamaha. Rossi yang terpuruk di hari pertama dan kedua, tiba-tiba melesat ke posisi runner up di hari ketiga. Catatan waktunya juga meningkat tajam, dari 1:55,432 di hari pertama, kemudian naik 1:55,316 di hari kedua dan meningkat tajam menjadi 1:54,276 di hari terakhir. Ada improve lebih dari 1 detik dibanding hari pertama. Pun demikian dengan Vinales yang mirip dengan Rossi.

Kombinasi Day 1-3

Overall, dari 3 hari tes bisa disimpulkan sebagai berikut:

Pembalap Pabrikan Tercepat: Valentino Rossi (Movistar Yamaha)
Pembalap Satelit Tercepat: Johann Zarco (Yamaha Tech 3)
Pembalap Rookie Tercepat: Franco Morbidelli (Marc VDS Honda)

Advertisements