Breaking News! Tech 3 Jalin Kerjasama Dengan KTM Mulai 2019, 4 Unit RC16 Spek Pabrikan Siap Diturunkan!

Akhirnya Tech 3 bekerjasama dengan pabrikan KTM mulai MotoGP musim 2019. Seperti yang sudah ditulis di blog ini sebelumnya, bahwa dengan kerjasama Tech 3 dan KTM ini maka pabrikan asal Austria itu akan menurunkan 4 unit RC16 di starting grid dengan spesifikasi sama! Cita-cita Herve Poncharal akhirnya terwujud!

Ya, alasan utama Poncharal cerai dengan Yamaha adalah keinginannya untuk mendapatkan support dari pabrikan Iwata itu yang tidak terkabul yakni mendapatkan setidaknya satu motor untuk timnya yang secara spek setara dengan motor pembalap pabrikan.

Sementara itu, pihak KTM melalui Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer mengaku sangat senang bisa kerja sama dengan Tech 3. Beirer menyebut pengalaman dan profesionalisme Tech 3 selama 20 tahun bisa membantu KTM untuk berkembang.

“Kami sangat senang bisa bergabung dengan Tech 3 di MotoGP dari 2019 dan seterusnya. Tim ini memiliki pengalaman bertahun-tahun dan mencapai banyak hasil bagus di kejuaraan. Struktur profesional mereka membuat kami lebih kuat,” ungkap Beirer seperti dikutip dari motorsport.com (5/3/2018).

KTM melakoni debut MotoGP musim lalu dengan hasil yang lumayan untuk sebuah tim baru. Dua pembalap mereka, Bradley Smith dan Pol Espargaro mampu membawa KTM finish di posisi kelima klasemen tim. Pengembangan RC16 sudah on the track. Dengan kesepakatan ini, 4 RC16 akan berada di starting grid sehingga data yang diperoleh untuk pengembangan ke depan semakin banyak.

KTM memang terlihat sangat berambisi untuk sejajar dengan Yamaha, Honda dan Ducati di MotoGP. Mereka bahkan membuat kompetisi balap khusus bernama Red Bull MotoGP Rookies Cup yang ditujukan menjaring bibit-bibit pembalap masa depan MotoGP.

“Empat KTM RC16 di grid berarti satu langkah besar bagi kami, baik untuk pengembangan motor MotoGP dan memperluas struktur KTM di paddock, mulai dari ajang Red Bull Rookies Cup sampai ke MotoGP,” papar Beirer.

So, dengan pengumuman kerjasama ini tinggal menyisakan satu pertanyaan besar lagi, siapa 4 pembalap yang akan menjadi rider RC16 musim 2019 dan seterusnya? Dua pembalap bersama KTM, dua pembalap bersama Tech 3.

Saat ini, di Moto2 KTM diperkuat pembalap mud seperti Brad Binder dan Miguel Oliveira. Kepastian 4 RC16 di grid mulai musim 2019 akan menjadi pendorong bagi mereka berdua untuk tampil habis-habisan musim ini agar induk mereka mau melirik dan merekrutnya ke kelas premier.

Advertisements