Suzuki Rilis Gixxer dan Gixxer SF 2018, Tongkrongan Gagah Tapi Jangan Buat Ngebut Ya…

Suzuki Motorcycle India Private Limited baru saja merilis Suzuki Gixxer dan Gixxer SF dengan desain tetap gagah dan grafis yang lebih segar. Gixxer dan Gixxer SF hadir dengan mesin 155cc dan teknologi Suzuki’s Eco Performance (SEP) Technology.

Dikutip dari rushlane.com (6/3/2018), New Gixxer dan Gixxer SF hadir dengan variasi grafis dan warna yang lebih kaya. Ada warna Candy Sonoma Red/Metalic Sonic Silver, Glass Sparkle Black dan warna biru khas Suzuki Ecstar MotoGP, Metallic Blue.

Untuk Gixxer yang merupakan naked bike, Suzuki membanderolnya INR80.928 atau setara dengan Rp17 jutaan sedangkan yang versi SF atau sport fairing INR90.037 atau Rp19 jutaan atau setara CB150 Verza nih.

New Gixxer dan Gixxer SF didesain oleh insinyur yang merancang seri GSX-R sehingga tidak heran kalau Gixxer ini punya aura gagah layaknya GSX series. Ada fitur baru yang disematkan yakni AHO atau All-time (di Indonesia Automatic) Headlight On yang di Indonesia sudah menjadi fitur wajib tiap motor baru. Di India masih baru tuh. AHO tapi belum LED. Fitur lama seperti disc brake depan-belakang juga masih ada. Suspensi depan masih teleskopik dan suspensi belakang monoshock. Speedometer sudah full LCD digital.

Bicara suspensi depan, nampaknya selera konsumen di India kalah tinggi dengan di Indonesia. Suspensi teleskopik di sana masih bisa diterima. Contoh beberapa waktu lalu New R15 VVA yang di Indonesia sudah upside down, ketika dirilis di India menjadi teleskopik.

Bicara performa, Gixxer dan Gixxer SF nampaknya bukanlah motor powerfull khas Suzuki Indonesia. Lebih ke motor tampang. Dengan mesin 155cc seperti halnya New R15, Gixxer dan Gixxer SF hanya mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 14,6 PS pada kitiran mesin 8.000 rpm dan torsinya 14 Nm @6.000 rpm. Jika dibandingkan tenaga puncak yang dimiliki GSX-R150 dan GSX-S150 yang mencapai 19,1 PS nampaknya Gixxer dan Gixxer SF bukanlah lawan sepadan. Bisa jadi persaingan motorsport di India tidak seketat di sini dengan kata lain, para atpm di sana tidak terlalu berlomba-lomba di sisi performa.

Oh iya, mesin 155cc Gixxer dan Gixxer SF ini sudah injeksi lho ya, update dari generasi sebelumnya yang masih karburator. Duh, India belum wajib injeksi kayaknya ya…

Performa loyo masih sedikit tertutupi dengan tongkrongan Gixxer yang gahar. Maklum, selain model tangki yang berotot, kaki-kaki juga gagah. Ban belakang Gixxer mengaplikasikan ban gambot 140 ring 17. Di Indonesia, ban belakang motorsprot 150cc paling gede saja hanya 130.

Jadi, Gixxer series ini lebih cocok buat dibawa nongkrong di pojokan alun-alun ngincengin cewek-cewek nanggung nih. Jangan buat kebut-kebutan, isin.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*