Honda Luncurkan Penantang Yamaha XMax 250, Punya Konsep Gran Turismo!

ktm indonesia

Honda Forza 300 baru saja mendapatkan update terbaru dengan tampilan lebih kompak, ringan dan sporty. Forza 300 diperkenalkan di acara Motodays Roma, Kamis (8/3/2018). Inikah lawan dari Yamaha XMax 250 yang saat ini di Indonesia belum punya lawan?

Garis desain New Forza 300 terinspirasi dari saudaranya, Forza 125 yang lebih dulu mendapatkan update. Namun, New Forza 300 tetap mempertahankan aura Gran Turismo yang berkarakter dinamis.

Forza 300 yang baru memiliki tampilan yang tajam dan sekarang dengan dimensi yang lebih ramping dan kompak dibandingkan desain sebelumnya.

Ubahan yang dilakukan terhadap New Forza 300 adalah jarak sumbu roda dan panjang motor yang kini dikurangi untuk membuat si kuda besi lebih lincah bermanuver di jalanan. Tinggi jok ditambah untuk meningkatkan visibilitas.

Bagian kaki-kaki roda belakang menggunakan ring 15 dan belakang 14 inchi dengan bobot berkurang hingga 12 kg berkat poenggunaan frame baru yang lebih ringan namun rigid. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan akselerasi, kecepatan maksimal dan efisiensi bahan bakar.

Untuk sektor performa, mesin New Forza 300 berkapasitas 279cc, SOHC 4-valve berpendingan cairan. Basisnya dari skutik SH300i, namun dengan karakteristik delivery tenaga yang optimal. Dengan mesin tersebut, Forza 300 mampu menghasilkan tenaga puncak 25,2 HP (18,5 kW) pada putaran mesin 7.000 rpm, dan torsi 27,2 Nm pada 5.750 rpm.

Torsi badak ini Honda jinakkan dengan kontrol traksi HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang dapat dinonaktifkan dan diaktifkan kembali di blok stang kiri.

Walau punya performa yang bagus, New Forza 300 tetap dengan konsumsi bahan bakar yang irit yakni 31 km/liter (versi lama 30,8 km/l). Kapasitas tangki bahan bakar adalah 11,5 liter. Honda mengklaim dengan kapasitas full 11,5 liter Forza 300 bisa melaju hingga 350 km tanpa harus isi bensin.

Display dashboard perpaduan analog untuk tachometer dan speedometer serta LCD wide screen untuk informasi lainnya. Penerangan sudah full LED. Juga sudah dilengkapi smart key yang tinggal putar tanpa anak kunci. Ada alarm anti maling juga.

Untuk kapasitas bagasi sangat lega hingga 45 liter. Honda mengklaim bagasi New Forza 300 ini mampu menelan 2 helm full face.

New Forza 300 tersedia dalam 4 warna yaitu Crescent Blue Metallic, Pearl Nightstar Black, Matt Cynos Grey Metallic dan Matt Pearl Cool White. Namun untuk harganya belum diumumkan. Wah, kayak di Indonesia saja, motor diluncurkan dulu, harga belum ada kepastian.

 

umber: gpone.com

Advertisements