Ternyata, Penjualan New PCX 150 Lebih Baik dari NMax 155!

ktm indonesia

Cukup mengejutkan ketika New PCX 150 masuk dalam top 10 motor terlaris di bulan Februari 2018. Versi lokal dari PCX Vietnam itu nongkrong di posisi ke-8 dengan penjualan (wholesales lho ya) mencapai 9.661 unit. Bagaimana dengan sang rival, Yamaha NMax 155? Ada di posisi 4 dengan 34.044 unit! Jauh, tapi benarkah demikian?

Jauh banget sih, New PCX 150 bukan tandingan NMax 155 nih! Ada benarnya pernyataan tersebut, tapi agak kurang adil jika membandingkan motor yang telah wira-wiri ngaspal 3 tahunan dengan yang baru sebulanan. Lebih pas jika dibandingkannya kala seumuran. Nunggu 3 tahun kelamaan, kita pilih saja saat keduanya baru didistribusikan.

Yamaha NMax 155 diluncurkan pertama kali di bulan Januari 2015 silam. Sebulan kemudian sudah ada data penjualannya yakni 1.916 unit. Lho kalah laris dengan New PCX 150 dong di bulan pertama penjualannya. Ada benarnya juga, tapi tidak sepenuhnya adil sebab di awal peluncuran atau penjualan Yamaha hanya punya satu varian NMax yakni yang versi ABS. Jadi, angka 1.916 unit itu adalah angka penjualan NMax ABS saja!

Line up NMax baru lengkap di bulan Juni 2015 kala versi non ABS diluncurkan. Berarti di masa inilah (Juli) perbandingan yang lebih adil kita jadikan patokan. Lebih moncer mana, New PCX 150 atau NMax 155 di bulan pertama penjualan?

Dari aripitstop.com (15/9/2015) kita bisa lihat penjualan NMax 155 di bulan Juli mencapai 9.212 unit. Nah, ternyata penjualan New PCX 150 di bulan pertama meluncur masih sedikit lebih baik dari NMax 155. Ada selisih 449 unit tapi anggap saja selevel lah ya.

Jika mengacu hal tersebut, bukan mustahil 3 tahun mendatang penjualan New PCX 150 akan setara NMax 155 saat ini. Tapi, itu dengan catatan seluruh faktor eksternal lainnya diabaikan yang tentu saja mustahil.

Perbandingan penjualan New PCX 150 dan NMax 155 pada bulan pertama di atas tentu saja tidak mutlak apple to apple. Ada banyak faktor yang membedakan, seperti misalnya kondisi pasar sepeda motor secara nasional yang berbeda antara tahun 2015 dengan saat ini. Juga kondisi market dimana awal peluncuran NMax 155 pasar maxi skutik belum sebesar saat ini. Saat itu baru ada maxi skutik seperti PCX 125 atau Burgman 200, yang keduanya masih impor dan tentu saja harga jualnya tidak murah. Istilahnya, NMax 155 babat alas, sedangkan New PCX 150 tinggal melanjutkan.

Tapi, pasar makin dinamis. Tentu saja Yamaha tidak akan tinggal diam melihat sepak terjang New PCX 150. NMax facelift besar-besaran nampaknya sudah disiapkan, dimana salah satu rumornya adalah perubahan tampang yang katanya akan lebih agresif. Duh…

Advertisements

9 Comments

  1. Ya. Ngaco juga kl baru brojol dijadikan ukuran jg. NMax buka jalan market maxk skutik 150cc. Wajar dikit. Honda brojol di saat trend maxi skutik meriah karena udah dibuka Yamaha…

  2. lah 2015 kan belum trend maxi scooter TERJANGKAU…
    Terus mau dibandingin sama zaman now yang udah ngetrend, ya bumi langit…

    Toh sebelum jelek2in NMAX mending situ makasih dulu sama Yamaha yang udah nelorin NMAX, gak ada NMAX PCX masih 40jt sob kakakakakakaka

  3. Konsumen semakin dimanjakan dgn rajinnya pabrikan ngeracik motor baru… Apapun merk nya asal harga wajar, tampang eye-catching, fitur mumpuni

  4. Maksa banget bikin artikel. Awal muncul nmax pasar belum biasa dengan model big scooter murah. Sedangkan awal muncul all new pcx pasar sudah biasa dengan big scooter murah karena ada nmax dan aerox 155. Kenapa gak sekalian head to head awal muncul nmax dan old pcx.

Comments are closed.