Morbidelli: “Anda Ingin Memahami Batas Motor, Anda Harus Jatuh”

“Anda Ingin Memahami Batas Motor, Anda Harus Jatuh”. Kalimat yang mirip dengan yang selalu dikatakan Marc Marquez bukan? Yup, kalimat itu memang terinspirasi dari sang juara dunia. Sebab, Morbidelli mengaku belajar banyak dari Marquez soal memahami batas kemampuan maksimal motor Honda RC213V.

Franco Morbidelli (kanan) bersama Marc Marquez dan Joan Mir

Honda RC213V memang punya reputasi sulit dikendalikan dalam beberapa musim terakhir. Hal tersebut juga dirasakan Morbidelli kala naik kelas ke MotoGP saat tes pramusim di Thailand. Morbi sempat terjatuh di Buriram kala itu.

Namun, pembalap Italia itu yakin untuk melampaui batas diperlukan untuk memaksimalkan kemampuan motor barunya. Ia mengacu pada Marquez, yang sering terjatuh saat tes, latihan, dan kualifikasi, sebagai contoh untuk diikuti.

“Tapi saya mengerti bahwa dengan motor, jika Anda ingin memahami batasnya, Anda harus terjatuh. Anda harus menekan dan mencoba mencapai limit, dan sangatlah mudah untuk terjatuh ketika Anda┬áberusaha menemukan limit itu,” ujar pembalap Marc VDS itu.

Kemudian Morbidelli menyebutkan bahwa Marquez telah memberitahunya cara jatuh ‘yang benar’. Alhasil, kini Morbi semakin baik dan terus merasa membaik saat mengendalikan RC213V.

“Data itu adalah berkah bagi saya. Belajar dari mereka [Marquez dan Pedrosa] seperti membaca Alkitab, seperti membaca Alkitab tentang sepeda motor. Jadi, itu berkah bagi kami,” tuturnya seperti dikutip dari motorsport.com (10/3/2018).

Yup, data hasil tes pramusim duo Repsol Honda, Marquez dan Pedrosa, disharing kepada tim satelit Honda sehingga mereka bisa membaca dan mengembangkan motor dari itu. Beruntung banget ya…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*