Penjualan New Ninja 250 Melesat, Jangan-Jangan Karena Faktor Ini

Kaget juga saat membuka 7leopold7.com (13/3/2018) mengetahui hasil penjualan New Ninja 250 di bulan Februari 2018 kemarin. Ada 2.188 unit New Ninja 250 yang sukses terjual (wholesales) sepanjang bulan kasih sayang itu. Angka ini fantastis, bagaimana tidak di bulan sebelumnya seribu saja gak nyampe, ini malah di atas dua ribu unit. Efek distribusi sudah lancar? atau memang banyak dicari pembeli? atau jangan-jangan masih masa bulan madu?

Yuhuuu... New Ninja 250 memang menghadirkan cerita spesial. Saat market sport 250 cc terus terkoreksi, apalagi hadir skutik maxi 250 cc dari Yamaha, makin parah pasar di seperempat liter, tiba-tiba di bulan kedua distribusi penjualan, New Ninja tampil superior. Sangat superior malah. Lompatannya luar biasa, dari hanya 890 unit di bulan Januari atau “hanya” terjual 600-an unit rata-rata sepanjang 2017 kemarin, bulan ini melonjak hingga di atas 2.000 unit.

data by 7leopold7.com

Jika dilihat apa adanya, tentu anggapan bahwa New Ninja laris manis ada benarnya. Tapi, perlu diingat, motor ini baru bulan kemarin didistribusikan ke dealer-dealer Kawasaki seluruh Indonesia. Dengan kondisi motor baru diproduksi, jelas dealer-dealer perlu me-restock New Ninja ini. Dari kosong menjadi ada. Angka dua ribu masuk akal untuk mengisi stok dealer. Inilah yang disebut masa spike, masa bulan madu distribusi. Untuk memastikan kondisi real serapan New Ninja oleh konsumen, paling tidak butuh waktu 3-6 bulan, akan ada di angka berapa penjualan New Ninja yang sebenarnya. Jujur, RA penasaran dengan penjualan New Ninja ini bulan Maret dan April mendatang.

Melesat

Tapi, melihat apa yang ditawarkan New Ninja, performa paling superior (tidak usah melihat hasil ARRR AP250 dulu lho ya), maka boleh jadi angka dua ribu sepanjang bulan Februari juga masuk akal. Nama besar Ninja sebagai motor berperforma tinggi seperti reborn lagi di New Ninja ini, para dealer pun punya ekspektasi tinggi terhadap penerimaan pasar. Mereka berani menyediakan unit-unit New Ninja dalam jumlah besar, distribusipun tinggi. Jika faktor ini yang terjadi, bersiaplah dalam bulan-bulan ke depan angka dua ribu akan mudah dicapai, atau setidaknya stabil di atas seribu unit per-bulannya.

CBR250RR Makin Segmented

Melihat angka penjualan si total control di bulan Februari yang “hanya” 201 unit, bolehlah om Leo mengatakan nih motor makin segmented. Artinya, penggemarnya atau konsumen motor ini benar-benar tahu kenapa memilih motor ini sebagai tunggangan. Dengan kata lain, bersiaplah CBR250RR ke depan akan semakin sedikit terjualnya. Satu sisi, tentu para pemiliknya akan senang, motornya tidak terlalu pasaran, namun bagi produsen, AHM, jelas ini tidak sesuai rencana. Mosok mereka jualan mau-maunya dilabeli segmented “hanya” gara-gara pembelinya sedikit. Segmented dalam hal tidak ada kompetitor bolehlah, tapi segmented karena tidak terbeli, produsen mana yang mau.

Makin segmented?

Tapi memang benar, dibanding New Ninja, CBR250RR ini murni pure sport, padahal biasanya Honda suka bikin motorsport yang masih memikirkan kenyamanan riding harian pemiliknya. Tumben-tumbenan CBR250RR ini sport banget. Resikonya adalah motor ini akan punya penggemar sendiri yang tidak peduli kenyamanan, tidak peduli pinggang ngilu di atas jok, atau bahkan tidak peduli power tinggi motor merk lain, pokok e sport! Inilah segmented sebenarnya.

R25 Yang Anteng

Membicarakan Yamaha R25, antara gregetan dan memaklumi. Gregetan karena melihat angka penjualannya tiap bulan bahkan tidak sampai 100 unit, Februari kemarin hanya 83 unit, masih tetap belum menggoyahkan sang induk untuk memberikan facelift, entah minor atau sekalian major. Yamaha masih adem ayem, masih anteng seolah-olah R25 ini hanya sebatas pelengkap identitas garpu tala di segmen sport seperempat liter, “eh, gw ada koq”.

anteng

Rumor New R25 memang sudah sering kita dengar di jagad blogsphere otomotif roda dua, namun hingga kini tidak ada tanda-tanda dari Yamaha untuk merealisasikan semua rumor itu. Nampaknya, Yamaha lagi demen dengan maxi skutik di kapasitas mesin yang sama yakni XMax 250. Maklum, dengan XMax 250 saja penjualannya sudah di atas seribu, bandingkan dengan R25 atau bahkan CBR250RR sekalipun.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*