Berbagai Rekor Jelang MotoGP Qatar 2018

MotoGP 2018 akan segera dimulai dalam beberapa jam ke depan. Sejumlah rekor sudah menunggu di Losail, Qatar. Paling tidak, akan ada 24 pembalap yang akan start di starting line up, dan jumlah ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan MotoGP. Ada rekor lain yang akan mengiringi musim ini.

  • Ada 12 pembalap yang pernah setidaknya sekali juara dunia dari berbagai kelas; 3 pembalap juara kelas MotoGP, 9 pembalap pernah juara Moto2/250cc dan 7 pembalap pernah memenangi Moto3/125cc.
  • Ada 9 pembalap yang pernah memenangi setidaknya satu seri grand prix kelas utama dengan total 215 kemenangan. Jika seluruh kelas digabung, ada 21 pembalap yang pernah memenangi setidaknya 1 seri dengan total 461 kemenangan!
  • Jika menengok rekor usia, Valentino Rossi menjadi pembalap tertua di trek dengan 39 tahun 1 bulan. Sedangkan Alex Rins yang termuda dengan 22 tahun 101 hari.
  • Hanya ada 3 pembalap di starting grid saat ini yang pernah menjadi juara dunia MotoGP, Valentino Rossi (7 kali), Marc Marquez (4 kali) dan Jorge Lorenzo (3 kali).
  • Pembalap yang paling banyak memenangi grand prix adalah Valentino Rossi (115 kali), Jorge Lorenzo (65 kali), Marc Marquez (61 kali) dan Dani Pedrosa (54 kali).
  • Jika start saat race nanti, maka Dani Pedrosa telah mencatatkan 200 start sepanjang karir balap grand prix-nya. Jumlah start yang lebih banyak dari Pedrosa adalah Rossi (305), Alex Barros (245), Nicky Hayden (218) and Loris Capirossi (217).
gambar: gpone.com

Jadi, seri pembuka MotoGP 2018 di Sirkuit Losail, Qatar Minggu malam nanti wib akan dihiasi banyak rekor dan catatan statistik luar biasa dari para pelaku balap MotoGP. Menurut sampeyan, catatan rekor mana yang paling impresif cak? Mana pula yang paling ditunggu aksi-aksi pemecahan rekor selanjutnya?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*