Wow… Zarco Akan Dapat Motor Setara Vinales dan Rossi, Tapi Keluar Dari Tech 3 Dulu!

Yamaha nampaknya tidak mau pembalap berpotensi macam Johann Zarco menggeber motor selain YZR-M1. Walaupun mulai tahun depan timnya bernaung, Tech 3, telah hengkang dari pabrikan Iwata itu dan bergabung dengan KTM, namun Zarco sendiri masih belum menentukan akan berlabuh kemana di MotoGP musim 2019. Kini, Yamaha menawarkan M1 spek pabrikan sama yang ketiga untuk Zarco agar Ia mau bertahan.

Sebelumnya, Zarco sudah diiming-iming motor spek pabrikan setara tim utama oleh Poncharal dan Mike Leitner, bos KTM. Kerjasama Tech 3 dengan KTM mulai 2019 nanti menghasilkan konsekuensi KTM akan menyediakan 4 motor RC16 spek sama di lintasan, 2 untuk tim pabrikan KTM dan 2 untuk Tech 3 sebagai tim satelit. Itu berarti, jika Zarco tetap di Tech atau menerima tawaran KTM untuk bergabung, maka Ia akan mendapatkan motor spek pabrikan terkini. Sesuatu yang belum diperolehnya saat ini.

Namun, dalam perkembangannya, Yamaha melalui sang bos, Lin Jarvis, mengeluarkan statemen yang membuka peluang bagi tim garputala itu mengeluarkan 3 motor spek pabrikan terbaru untuk musim 2019 nanti; 2 untuk Movistar Yamaha dan 1 untuk tim satelit Yamaha yang hingga kini belum jelas siapa. Zarco ditawari untuk menggeber M1 ketiga. Strateginya, Yamaha akan ‘mendudukkan’ Zarco di tim satelit baru Yamaha di 2019 nanti.

“Kami sudah memiliki Maverick (Vinales) dan juga Valentino, jadi tidak ada tempat di tim pabrikan. Tapi ada kesempatan untuk memberikan motor pabrikan kepada pembalap ketiga. Kami sedang memikirkan situasinya,” ungkap Jarvis seperti dilansir dari motorsport.com (15/3/2018).

Apakah ini sebuah ‘balas dendam’ Yamaha telah ditinggalkan Tech 3 dengan membajak Zarco agar tetap bernaung di bawah panji Yamaha? Atau Yamaha panas dengan konstelasi hubungan tim pabrikan dan tim satelit dimana mulai musim depan tim satelit akan mendapatkan porsi motor setara motor tim pabrikan.

Beberapa musim ini, Honda sudah melakukannya dengan memberikan satu RC213V setara milik Marquez dan Pedrosa yakni pada Cal Crutchlow yang bernaung di bawah LCR Honda, serta Ducati yang memberikan Desmosedici GP18 kepada Danilo Petrucci di tim Pramac Ducati. Musim depan KTM sudah pasti akan melakukannya terhadap Tech 3. Yamaha nampaknya tidak mau ketinggalan. Sebab, dengan semakin banyak motor setara di lintasan, data yang dihimpun juga semakin banyak, muaranya adalah pengembangan motor akan semakin cepat, walau di sisi lain biaya akan semakin besar.

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*