Jarvis: “Tentu Pilihan Juga Untuk Tidak Memiliki Tim Satelit”

Yamaha baru saja ditinggal tim satelit yang sudah menemani selama 20 tahun, Tech 3. Sang pemilik, Herve Poncharal, memutuskan hengkang dari Yamaha dan beralih ke KTM dengan masa kontrak 3 tahun dan jaminan support motor pabrikan spek terbaru, sesuatu yang tidak didapatkannya di Yamaha. Hingga kini Yamaha belum memutuskan akan menggaet tim satelit mana. Namun, rumor terbaru ada kemungkinan di musim 2019 nanti Yamaha akan tanpa didampingi tim satelit!

Berbagai rumor menyebutkan tim-tim seperti Avintia Racing, Marc VDS, Angel Nieto team hingga VR46 Racing akan mengisi slot tim satelit pabrikan Iwata itu. Namun, sebuah pernyataan dari Lin Jarvis, sang Bos, seperti dilansir dari motorsport.com (17/3/2018) cukup mengejutkan. Yamaha bisa saja akan melaju tanpa tim satelit di musim 2019 nanti.

“Tentu saja ini juga pilihan untuk tidak memiliki tim satelit. Kami harus mengevaluasi tergantung pada kemungkinan partner yang bisa ditemukan, tergantung kondisinya,” papar Jarvis.

Vinales dan Rossi bisa tanpa dukungan tim satelit tahun 2019 nanti

Ya, Yamaha memang tengah mengevaluasi segala kemungkinan, termasuk tanpa dukungan tim satelit musim depan. Kemungkinan lain juga masih dipertimbangkan seperti memasok lebih dari 4 motor seperti yang selama ini mereka lakukan.

Pasok Lebih 4 Motor, Yamaha Berpengalaman

Memasok lebih dari 4 motor dalam satu musim, seperti yang dilakoni Ducati dan Honda musim ini, bukanlah hal baru bagi Yamaha. Geng Biru pernah melakukannya, bahkan sampai 8 motor, di musim 2001 dan 2002 lalu. Jadi, ke depan jika opsi tanpa tim satelit ada, opsi menurunkan lebih dari 4 motor di trek juga tidak tertutup bisa dilakukan Yamaha.

Norifumi Abe saat memacu YZR500 di tim Antena Yamaha d’Antin 2002

Jika ditelusuri lebih lanjut, di musim 2001 dan 2002, Yamaha memang punya 3 tim satelit yakni Red Bull Yamaha WCM, Antena 3 Yamaha D’Antin dan Gauloises Yamaha Tech 3. WCM kala itu diperkuat Noriyuki Haga dan Garry McCoy; d’Antin diperkuat Norifumi Abe dan Luis Cardozo sedangkan Tech 3 ada Oliver Jacque dan Shinya Nakano. Sementara itu, tim utama Yamaha yakni Marlboro Yamaha Team masih diperkuat Max Biaggi dan Carlos Checa.

Gary McCoy bersama Red Bull Yamaha WCM

Sayang, walau sudah diperkuat 8 motor, Yamaha tidak mendapatkan kualitas yang diinginkan. Hal itu diakui oleh Jarvis.

“Kami punya banyak kuantitas, tapi tidak begitu kualitas. Kami membuat perubahan dan menuju arah berbeda. Kami kemudian menemukan level optimal untuk mencapai keduanya, yaitu dengan menurunkan empat motor,” ungkap Jarvis.

Jadi, sebelum Juni 2018, dimana Yamaha akan menyelesaikan semua urusan yang berkaitan dengan tim satelitnya, maka spekulasi akan terus berkembang. Yang jelas MotoGP 2019 nanti opsi yang akan diambil Yamaha ada dua, menggaet tim satelit atau tidak sama sekali. Menurut sampeyan Yamaha akan pilih opsi mana, cak?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*